Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pria Lebih Mudah Turun Berat Badan daripada Wanita karena 3 Hal Ini

Kompas.com - 17/09/2018, 12:15 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber

KOMPAS.com — Sudah mencoba berbagai macam diet dan olahraga, tapi berat badan tak juga turun? Hal ini tentu menjengkelkan bagi kaum wanita. Apalagi, kalau adik, kakak, pasangan, atau teman-teman pria sepertinya lebih cepat menurunkan berat badan dan membentuk tubuh.

Padahal, mungkin saja pola makan dan waktu diet mereka tak jauh berbeda. Bahkan, biasanya porsi makan pria jauh lebih banyak daripada wanita. Jadi sebenarnya kenapa pria lebih gampang menurunkan berat badan daripada wanita?

Anggapan bahwa pria lebih gampang menurunkan berat badan ketimbang wanita ternyata bukan sekadar mitos. Sebuah penelitian yang diterbitkan pada jurnal Diabetes, Obesity, and Metabolism baru-baru ini membuktikannya.

Para ahli meneliti lebih dari 2.000 orang dewasa asal Eropa, Australia, dan Selandia Baru yang mengalami kelebihan berat badan dan pradiabetes.

Para peserta diminta untuk menjalani diet 800 kalori yang terdiri dari sup dan sereal selama 8 minggu. Selain itu, mereka juga diminta untuk memakan 375 gram sayuran rendah kalori yang terdiri dari tomat, timun, dan selada.

Setelah delapan minggu berlalu, sebanyak 35 persen pria dan wanita melaporkan bahwa kadar glukosa darah mereka sekarang cenderung normal dan tidak lagi memiliki pradiabetes. Pradiabetes itu sendiri adalah kondisi saat kadar gula darah sudah mulai di atas normal, tapi belum sampai diabetes.

Menariknya lagi, para ahli juga menemukan bahwa peserta pria mengalami penurunan berat badan rata-rata 11,8 kilogram. Sementara pada peserta wanita, mereka mengalami penurunan berat badan sekitar 10,2 kilogram.

Baca juga: 5 Kebiasaan yang Bikin Berat Badan Cepat Turun

Terlihat jelas bahwa dengan pola makan dan waktu diet yang sama, pria berhasil menurunkan berat badan lebih cepat ketimbang wanita.

Hal ini disetujui oleh dokter Elizabeth Lowden, spesialis endokrinologi bariatrik dari Northwestern Medicine’s Metabolic Health and Surgical Weight Loss Center di Delnor Hospital, Amerika Serikat.

Kenapa pria lebih mudah menurunkan berat badan daripada wanita?

Pria dan wanita memiliki kondisi fisik yang berbeda. Hal inilah yang diyakini menjadi penyebab pria cenderung lebih mudah menurunkan berat badannya ketimbang kaum wanita.

1. Pria lebih mudah membakar kalori

Ilustrasi olahraga push upElNariz Ilustrasi olahraga push up
Dikutip dari Verywell, sebuah studi yang diterbitkan pada Journal of Applied Physiology, pria memiliki 10 sampai 15 persen otot lebih banyak daripada wanita.

Semakin banyak jumlah ototnya, semakin banyak pula kalori yang akan terbakar, bahkan ketika sedang beristirahat.

Ini karena otot termasuk bagian tubuh yang aktif secara metabolik. Maksudnya otot cenderung lebih mudah membakar dengan rutin berolahraga, beraktivitas, bahkan saat sedang istirahat. Jadi, semakin banyak massa otot, semakin cepat pula penurunan berat badannya.

Halaman:
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com