Menjajal Olahraga Brisk Walking, Bukan Sekadar Jalan Kaki Biasa

Kompas.com - 18/09/2018, 05:05 WIB
Ilustrasi jalan kaki PointImagesIlustrasi jalan kaki
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Ingin olahraga, tapi tidak ingin repot menggunakan alat khusus atau pergi ke gym yang mahal? Brisk walking bisa jadi pilihan.

Meski terdengar asing, jenis latihan ini sama seperti jalan cepat. Selain simpel, kamu bisa melakukan olahraga ini sendiri, dengan pasangan, atau bersama keluarga. Menyenangkan, bukan?

Penasaran apa manfaat brisk walking dan bagaimana cara melakukannya? Simak ulasannya berikut ini.

Brisk walking adalah jenis latihan dengan berjalan kaki lebih cepat, meski tidak secepat berlari. Aturan kecepatan latihan ini adalah satu kilometer dalam 12 menit atau jarak 5 kilometer ditempuh dalam waktu satu jam.

Kamu bisa menghitung kecepatan jalan dengan bantuan jam tangan olahraga atau aplikasi yang ada di ponsel.

Baca juga: Olahraga Jalan Kaki Lebih Baik dari Lari, Apa Alasannya?

Dikutip dari situs Live Strong, menurut jurnal American Heart Association yang diterbitkan bulan Februari 2013, brisk walking memiliki beberapa manfaat, seperti mengurangi risiko tekanan darah tinggi, kadar kolesterol tinggi, dan diabetes.

Kamu bisa melakukan olahraga ini kapan saja, di hari libur atau sehabis pulang kerja. Kamu hanya perlu menyetel waktu dan langkah kaki.

Untuk menambah kecepatan berjalan, kuncinya adalah memosisikan tubuh, langkah, dan gerakan tangan dan kaki yang sinkron. Selama berjalan, hitung irama kaki supaya lebih menyenangkan.

Teknik melakukan jalan cepat brisk walking

Olahraga ini berbeda dengan jalan kaki biasa. Ada beberapa teknik yang perlu kamu terapkan untuk melakukan brisk walking, antara lain:

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X