Kardio VS Angkat Beban: Mana yang Lebih Cepat Turunkan Berat Badan?

Kompas.com - 18/09/2018, 15:15 WIB
Ilustrasi olahraga jacoblundIlustrasi olahraga
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Selain pola makan, olahraga adalah cara mendapatkan berat badan ideal yang terbukti efektif. Namun dari semua jenis olahraga, mana yang lebih cepat menurunkan berat badan: olahraga kardio atau angkat beban?

Olahraga kardio adalah jenis latihan yang paling umum dipilih untuk membantu menurunkan berat badan karena aktivitas ini sangat efektif membakar lemak.

Olahraga kardio itu sendiri adalah latihan untuk meningkatkan detak jantung. Jantung tersusun dari otot-otot yang harus bergerak supaya lebih kuat dan kuat lagi.

Baca juga: 15 Olahraga Kardio untuk Mereka yang Tidak Suka Lari

Bila otot jantung kuat, maka pembuluh darah dapat mengalirkan darah lebih banyak dan lebih cepat sehingga dapat mengalirkan oksigen lebih banyak ke dalam sel-sel otot. Hal ini memungkinkan sel membakar lemak lebih banyak selama olahraga dan saat istirahat. Contoh latihan kardio adalah jalan kaki, jogging, hingga berenang.

Penelitian menemukan bahwa semakin tinggi intensitas kardio yang kita lakukan, semakin besar kalori yang terbakar.

Begini contoh hitung-hitungannya: Jika berat badan kamu sekarang 73 kg, jogging 30 menit dengan kecepatan sedang akan membakar sekitar 250 kalori. Semakin cepat berlari, kalori yang terbakar bisa mencapai 365 kalori dengan durasi lari yang sama.

Baca juga: Olahraga Kardio dan 10 Manfaat Ajaibnya Bagi Tubuh

Bagaimana dengan angkat beban? Angkat beban akan meningkatkan kalori yang terbakar, karena setelah menjalani latihan, otot akan membutuhkan banyak energi untuk memperbaiki seratnya.

Penelitian Penn State melaporkan bahwa angkat beban dapat membakar lemak 3 kilogram lebih banyak ketimbang olahraga aerobik (yang termasuk jenis latihan kardio).

Penelitian lain dari Harvard menemukan bahwa pria yang rutin melakuan angkat beban setidaknya 20 menit per hari bisa lebih menjaga kelebihan lemak perut dibandingkan dengan mereka yang hanya melakukan olahraga kardio. Sementara itu, kardio saja tidak cukup untuk memangkas timbunan lemak perut.

Ilustrasi angkat beban Ilustrasi angkat beban
Bonus manfaat dari angkat beban

Halaman:


Sumber
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X