Kalori Juga Terbakar Saat Tidur, Percaya?

Kompas.com - 18/09/2018, 19:19 WIB
Ilustrasi tertidur. THINKSTOCKPHOTOSIlustrasi tertidur.

KOMPAS.com - Mustahil rasanya kalori terbakar saat kita tertidur dan tidak melakukan apa-apa. Tapi, riset telah menunjukan otak mengunakan 20 persen asupan kalori per hari, termasuk saat kita sedang tidur.

Menurut Mary Ellen Wells, pakar tidur dari UNC School of Medicine, AS, membakar kalori saat tidur tentu diperlukan, karena tidur bukanlah aktivitas pasif.

Lalu, berapa banyak kalori yang terbakar saat kita tidur?

"Tidak ada angka ajaib berapa banyak kalori yang dibakar selama tidur," kata Dr. Wells.

Menurutnya, jumlahnya sangat bervariasi di seluruh tahap tidur dan sangat dipengaruhi  aktivitas siang hari. Selain itu, tentu saja genetika juga berpengaruh.

Ada banyak hal yang menentukan berapa banyak kalori yang kita bakar.

Berdasarkan laporan laman Men's Health, ada rumus dasar yang bisa kita pakai untuk menghitung jumlah kalori yang terbakar.

Untuk menghitungnya, kita bisa memulai dengan jumlah kalori yang dibakar tubuh saat istirahat, ini disebut metabolisme basal.

Metabolisme basal bervariasi, tergantung pada massa tubuh, tinggi dan usia. Namun, rata-rata metabolisme basal manusia membakar 45 kalori per jam.

Menurut peneliti tidur bernama Christopher Winter, metabolisme diukur setelah 8 jam tidur, dalam keadaan berpuasa dan dalam kondisi suhu netral.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber menshealth
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X