Ingat, Jangan Santap 8 Makanan Ini Menjelang Olahraga

Kompas.com - 18/09/2018, 19:31 WIB
Ilustrasi alpukat barmaliniIlustrasi alpukat

KOMPAS.com – Beberapa jam sebelum berolahraga kita dianjurkan untuk mengisi perut terlebih dahulu agar tubuh memiliki tenaga untuk beraktivitas.

David Wiener, pakar nutrisi di aplikasi fitness, Freeletics menjelaskan, kondisi perut kosong akan membuat kita tak memiliki cukup energi ketika berolahraga.

Meski begitu, kita perlu memerhatikan jenis makanan dan minuman yang dikonsumsi. Sebab, menyantap makanan yang salah sebelum olahraga sama saja dengan tidak makan sama sekali.

Baca juga: Cara Bangkitkan Energi Tubuh Tanpa Harus Ngopi

“Semua energi kita akan digunakan untuk mencerna makanan tersebut alih-alih memberi kekuatan untuk kita berolahraga,” kata David.

Berikut ini adalah delapan makanan yang harus kamu hindari sebelum berolahraga:

Ilustrasi makan sayuranpuhimec Ilustrasi makan sayuran

1. Makanan kaya serat

Makanan kaya serat pada umumnya baik bagi tubuh karena akan menjaga kita tetap kenyang lebih lama dan memperlancar sistem pencernaan.

Namun, mengonsumsi makanan tinggi serat sebelum berolahraga justru bisa menimbulkan penyakit gastrointestinal.

Masalah ini bisa menyebabkan perut kembung, mual, hingga kram perut, sehingga bisa mengganggu aktivitas olahraga.

Baca juga: Simak, 9 Alasan Sehat untuk Berhenti Minum Soda

2. Soda

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X