Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mandi Susu: Manfaatnya Bagi Kulit dan Tips Mandi Susu di Rumah

Kompas.com - 20/09/2018, 09:20 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber

KOMPAS.com - Mandi susu dikenal sebagai salah satu perawatan para putri raja berabad-abad yang lalu. Saat ini, sudah banyak tempat spa yang menyediakan layanan mandi susu.

Namun, kamu pasti bertanya-tanya apakah mandi susu benar-benar bermanfaat untuk kesehatan kulit atau hanya mitos?

Dikutip dari Livestrong, mandi susu diklaim memiliki beberapa manfaat bagi banyak orang, meskipun belum bisa dibuktikan secara ilmiah. Berikut beberapa manfaat mandi susu:

1. Menghaluskan kulit

Mandi susu membuat kulit terasa lembut dan kenyal. Lemak dan protein yang terdapat di dalam susu bisa menyerap dan menempel ke kulit. Selain itu, asam laktat di dalam susu juga membantu mengangkat sel kulit mati.

Asam laktat adalah asam alfa hidroksi yang biasa digunakan dalam produk perawatan kulit dan juga kosmetik. Selain itu, asam laktat dapat berfungsi untuk melembabkan kulit dan mencegah kulit kering.

Senyawa yang satu ini membantu melarutkan perekat antarsel yang menahan sel kulit mati untuk tetap berada pada permukaan kulit. Dengan begitu, sel kulit mati akan lebih mudah mengelupas sehingga permukaan kulit lebih halus dan juga cerah.

Baca juga: Resep Rumahan untuk Kulit Halus seperti Bayi

2. Mencerahkan kulit kusam

Selain dapat menghaluskan kulit, mandi susu juga bisa mempercantik tampilan kulit. Mandi susu dapat mencerahkan warna kusam pada kulit secara alami.

Namun, tentu saja mandi susu tidak memberikan hasil yang instan. Hal ini didapat dari manfaat asam laktat yang dapat mengangkat sel kulit mati dan mendorong tumbuhnya sel kulit baru yang lebih sehat.

Baca juga: 4 Rahasia Mencerahkan Wajah Dengan Garam Dapur

3. Merilekskan tubuh

Berendam di air yang mengandung susu dengan tambahan minyak esensial membantu merilekskan tubuh. Kamu bisa menambahkan minyak esensial lavender, eukaliptus, chamomile, atau daun mint.

Selain itu, untuk menambah rasa rileks, kamu bisa meredupkan lampu dan menggunakan lilin sebagai bantuan pencahayaan. Tak lupa, pasang musik yang kamu suka agar sensasi mandi susu lebih terasa menyenangkan.

Jenis susu yang bisa digunakan dalam mandi susu

Ada beberapa jenis susu yang biasa digunakan dalam mandi susu, yaitu:

  • Susu sapi, termasuk jenis yang paling umum digunakan karena harganya murah dan mudah dicari.
  • Susu kambing, memiliki kadar lemak mentega yang lebih tinggi dibandingan dengan susu sapi.
  • Buttermilk, mengandung lebih banyak asam laktat dibandingkan dengan jenis susu lainnya sehingga sangat baik untuk membantu mengangkat sel kulit mati.
  • Susu kacang dan juga kedelai, bisa menjadi alternatif bagi mereka yang vegan. Susu almond sangat baik karena kaya akan minyak yang akan membuat kulit terasa lebih halus.

Baca juga: Banyak Manfaatnya, Yuk Coba Bikin Susu Almond Sendiri

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com