Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/09/2018, 12:58 WIB
Ariska Puspita Anggraini,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

Sumber menshealth

KOMPAS.com - Para ahli menyarankan agar kita tidur sekitar 7 hingga 9 jam setiap malam. Tubuh kita butuh tidur teratur untuk dapat melakukan fungsi fisiologis yang penting, seperti perbaikan otot atau jaringan, memori dan sintesis hormon.

Namun, bagi manusia modern setiap waktu harus selalu produktif. Terkadang mereka mengorbankan waktu tidur untuk bekerja atau bersantai sampai larut malam.

Sebenarnya berapa lama seseorang mampu secara fisik tanpa tidur?

Randy Gardner pria asal Amerika yang saat ini berusia 70 tahun adalah pemegang "rekor dunia" untuk tidak tidur selama 11 hari 25 menit. 

W. Christopher Winter, ahli syaraf dan sekaligus peneliti tidur dari Amerika, mengaku skeptis dengan catatan rekor ini.

"Tim peneliti mengakui bahwa dia mengalami 'tidur mikro'  yang konstan atau periode tidur singkat yang hanya berlangsung beberapa detik selama penelitian," kata Winter.

Jika seseorang mampu tidak tidur selama berhari-hari, tentu kesehatan mentalnya akan terganggu.

Sebagai contoh, tahun 1959 presenter radio bernama Peter Tripp memutuskan untuk menyiarkan acaranya dari tengah Times Square selama 201 jam secara langsung untuk menggalang dana bagi sebuah yayasan.

Pada hari ketiga, efek kurang tidur pada mental Tripp mulai terlihat. Ia memaki-maki orang di sekitarnya dan berhalusinasi melihat laba-laba.

Tripp memang berhasil menyelesaikan misinya dan pulih tak lama setelah itu. Namun, anggota keluarganya mengatakan ia telah berubah.

Ada banyak cerita yang beredar di media sosial tentang orang-orang yang mengklaim mereka tidak tidur sama sekali atau hanya tidur satu jam per malam.

Tapi, Winter mengatakan kisah-kisah ini mungkin tidak akurat. Menurutnya, banyak orang berpikir mereka tidak tidur dan tak percaya pada apa yang dikatakan oleh dokter mereka.

Dengan kata lain, meski seseorang mengatakan mereka hanya tidur satu jam atau lebih setiap malam, kenyataannya mereka tidur tanpa menyadarinya, meskipun hanya untuk beberapa menit.

Baca juga: 6 Penyakit yang Umum Terjadi Pada Orang yang Sering Begadang

Sebenarnya, hampir secara fisik tidak mungkin untuk tetap terjaga selama berhari-hari. Ini terjadi karena otak pada dasarnya akan memaksa kita tertidur.

Winter mengatakan sebanyak mungkin kita mencoba memaksakan diri untuk tetap terjaga, akhirnya otak terpaku pada tidur dan pada titik tertentu kita tak bisa menahannya.

Halaman:
Sumber menshealth
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com