Kompas.com - 20/09/2018, 12:58 WIB
Seorang wanita begadang OcusFocusSeorang wanita begadang

KOMPAS.com - Para ahli menyarankan agar kita tidur sekitar 7 hingga 9 jam setiap malam. Tubuh kita butuh tidur teratur untuk dapat melakukan fungsi fisiologis yang penting, seperti perbaikan otot atau jaringan, memori dan sintesis hormon.

Namun, bagi manusia modern setiap waktu harus selalu produktif. Terkadang mereka mengorbankan waktu tidur untuk bekerja atau bersantai sampai larut malam.

Sebenarnya berapa lama seseorang mampu secara fisik tanpa tidur?

Randy Gardner pria asal Amerika yang saat ini berusia 70 tahun adalah pemegang "rekor dunia" untuk tidak tidur selama 11 hari 25 menit. 

W. Christopher Winter, ahli syaraf dan sekaligus peneliti tidur dari Amerika, mengaku skeptis dengan catatan rekor ini.

"Tim peneliti mengakui bahwa dia mengalami 'tidur mikro'  yang konstan atau periode tidur singkat yang hanya berlangsung beberapa detik selama penelitian," kata Winter.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jika seseorang mampu tidak tidur selama berhari-hari, tentu kesehatan mentalnya akan terganggu.

Sebagai contoh, tahun 1959 presenter radio bernama Peter Tripp memutuskan untuk menyiarkan acaranya dari tengah Times Square selama 201 jam secara langsung untuk menggalang dana bagi sebuah yayasan.

Pada hari ketiga, efek kurang tidur pada mental Tripp mulai terlihat. Ia memaki-maki orang di sekitarnya dan berhalusinasi melihat laba-laba.

Tripp memang berhasil menyelesaikan misinya dan pulih tak lama setelah itu. Namun, anggota keluarganya mengatakan ia telah berubah.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber menshealth
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.