Kompas.com - 20/09/2018, 16:11 WIB
Ilustrasi sinar matahari pagi itman__47Ilustrasi sinar matahari pagi

KOMPAS.com - Radiasi sinar matahari dalam jangka panjang bisa membahayakan penglihatan, terutama katarak. Di Indonesia, penyakit ini masih jadi penyebab terbesar kebutaan.

Menurut dr.Astrianda N.Suryono, Sp.M(K), katarak merupakan penyakit degeneratif atau yang akan diderita orang pada usia tertentu.

"Biasanya di atas usia 60 tahun, tetapi paparan sinar ultraviolet bisa membuat katarak dialami orang berusia lebih muda," kata dokter yang disapa Tria ini di acara peluncuran Zeiss UVProtect Clear Lenses di Jakarta (19/9).

Ia menjelaskan, bagian dari mata yang paling banyak menyerap sinar matahari adalah kornea dan lensa sehingga lama kelamaan akan menjadi keruh dan penglihatan terganggu.

Selain katarak, dalam jangka panjang sinar matahari juga dapat menyebabkan penuaan kulit di sekitar mata, kanker kulit, keratitis, serta degenerasi makula yang dialami lebih dini.

Ada banyak cara untuk melindungi mata dari sinar matahari, yang paling mudah adalah memakai pelindung kepala atau memakai kacamata hitam.

"Memakai sunglasses belum jadi gaya hidup kebanyakan orang, padahal banyak efek buruk sinar matahari untuk mata," kata dokter spesialis mata dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Pakaian Juga Didesain untuk Lindungi Kulit dari Sinar Matahari

Selain memakai kacamata hitam, saat ini telah tersedia lensa kacamata bening yang bisa menangkal sinar matahari.

Menurut Direktur PT.Optik Tunggal Sempurna Alexander F.Kurniawan, kebanyakan lensa korektif yang ada saat ini masih belum mampu melindungi mata dari radiasi sinar ultraviolet (UV) yang memiliki panjang gelombang 400 nanometer.

"Zeiss UVProtect Clear Lenses adalah teknologi pertama yang bisa melindungi seutuhnya, termasuk sekeliling mata, dari sinar UV," kata Alex.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.