Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/09/2018, 17:00 WIB
Nabilla Tashandra,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Gaya hidup orang kantoran tak jauh-jauh dari duduk di depan meja  seharian. Waktu duduk itu masih ditambah dengan perjalanan ke kantor dan santai menonton televisi sesampai di rumah.

Selain menimbulkan penat, kebanyakan duduk juga berpotensi mengganggu kesehatan. Apalagi jika tidak diimbangi dengan olahraga rutin.

Berolahraga sebenarnya tak selalu butuh waktu lama. Yoga misalnya. Ada gerakan yoga sederhana yang bisa kita lakukan di sela kesibukan kerja, bahkan sambil duduk.

Tak perlu menyisihkan waktu terlalu lama. Cukup sekitar lima menit tubuh kita bisa segar kembali.

"Lima menit saja cukup. Berapa kalinya tergantung keperluan. Misalnya jeda dua jam kerja lalu capek, langsung stretching saja," kata guru yoga Deera Dewi ketika ditemui di acara konferensi pers CIMB Niaga Namaste Festival di, Jakarta, Kamis (20/9/2018).

Meski terdengar sederhana, namun gerakan yoga di kantor tersebut memiliki banyak manfaat. Mulai dari memperlancar aliran darah, meregangkan otot yang tegang, hingga membuat tubuh menjadi nyaman dan segar kembali.

Ketika kondisi tubuh terasa segar maka pikiran juga akan menjadi lebih kreatif.

Tidak ada pula aturan khusus untuk melakukan yoga di kantor tersebut. Menurut Deera, gerakan tersebut bisa dilakukan kapan pun kita membutuhkannya.

Guru Yoga Deera Dewi mencontohkan gerakan chest opener sebagai salah satu gerakan yoga sederhana yang bisa dilakukan di sela waktu kerja.KOMPAS.com/Nabilla Tashandra Guru Yoga Deera Dewi mencontohkan gerakan chest opener sebagai salah satu gerakan yoga sederhana yang bisa dilakukan di sela waktu kerja.
"Kalau orang berpikir: wah yoga harus pakai baju khusus, matras, tempat luas, enggak. Di kursi saja kamu bisa latihan," tuturnya.

Sedikitnya, ada lima gerakan yoga sederhana yang bisa kamu ikuti.

1. Chest opener

Para pekerja kantoran banyak menghabiskan waktu duduk di depan layar. Ketika bekerja, seringkali bagian punggung mereka membungkuk.

Kebiasaan tersebut memicu masalah kesehatan, seperti sakit punggung.

Gerakan chest opener adalah kebalikannya. Untuk melakukannya, kita cukup menekukkan tubuh kita ke depan.  Jika tubuh terasa kaku atau tegang, tak masalah untuk hanya menekukannya sedikit.

"Yang penting bagian depan dulu diregangkan. Karena saat membungkuk kan bagin belakang yang diregangkan, itu create tension. Ini kebalikannya," kata Deera.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com