Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Manfaat Olahraga untuk Kualitas Tidur...

Kompas.com - 21/09/2018, 13:32 WIB
Ariska Puspita Anggraini,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber menshealth

KOMPAS.com — Olahraga teratur telah terbukti memiliki manfaat kesehatan yang baik. Namun, riset membuktikan olahraga juga memberikan efek pada kualitas tidur kita.

Olahraga secara intesif—baik olahraga kardio, latihan kekuatan maupun yoga—dapat meningkatkan kualitas tidur kita.

Kualitas tidur juga memengaruhi kondisi kesehatan. Banyak orang yang mengalami kurang tidur karena berbagai faktor.

Hal ini membuat kondisi kesehatan mereka menjadi kurang optimal. Para ahli merekomendasikan kita agar tidur setidaknya 7 jam per hari.

Kurang dari itu, kita akan mengalami peningkatan risiko penyakit kronis, seperti obesitas, diabetes, tekanan darah tinggi, penyakit jantung, stroke, dan tekanan mental.

Menurut laporan laman Men's Health, salah satu cara untuk mengatasi  kurang tidur adalah dengan meningkatkan frekuensi dan intensitas olahraga.

Riset 2017 yang meneliti efek tidur dan olahraga membuktikan aktivitas fisik memberi pengaruh efektif untuk orang yang tak memiliki kuantitas dan kualitas tidur yang cukup.

Sayangnya, riset ini tak meneliti lebih dalam mengenai fungsi fisiologis tidur dalam mengatur proses hormonal dan metabolik tubuh.

Namun, riset menunjukkan olahraga aerobik atau olahraga ketahanan dapat bermanfaat untuk memperbaiki kebiasaan tidur seseorang.

Olahraga dan tidur memang tampaknya tak saling berkaitan. Olahraga dapat memacu tubuh. Sementara itu, tidur dapat membuat tubuh melamban.

Namun, beberapa penelitian justru membuktikan mereka yang mengalami kesulitan tidur memiliki intensitas olahraga yang rendah.

"Olahraga memiliki berbagai efek yang berpotensi mengganggu atau meningkatkan kualitas tidur," papar Dr Robert Graham, pakar pengobatan internat dan integratif bersertifikat.

Menurutnya, olahraga dapat meningkatkan denyut jantung, suhu tubuh, dan kewaspadaan yang jika terus meningkat akan mengganggu kualitas tidur. Karenanya disarankan tidak berolahraga dekat dengan waktu tidur.

Di sisi lain, olahraga dapat membantu mengurangi kecemasan yang bisa meningkatkan kualitas tidur.

Riset lain membuktikan olahraga memiliki efek moderat pada kualitas tidur dan mengurangi kebutuhan untuk mengonsumsi obat tidur pada penderita insomnia.

Halaman:
Sumber menshealth
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com