Mengenal Manfaat Olahraga untuk Kualitas Tidur...

Kompas.com - 21/09/2018, 13:32 WIB
Ilustrasi olahraga pagi imtmphotoIlustrasi olahraga pagi

KOMPAS.com — Olahraga teratur telah terbukti memiliki manfaat kesehatan yang baik. Namun, riset membuktikan olahraga juga memberikan efek pada kualitas tidur kita.

Olahraga secara intesif—baik olahraga kardio, latihan kekuatan maupun yoga—dapat meningkatkan kualitas tidur kita.

Kualitas tidur juga memengaruhi kondisi kesehatan. Banyak orang yang mengalami kurang tidur karena berbagai faktor.

Hal ini membuat kondisi kesehatan mereka menjadi kurang optimal. Para ahli merekomendasikan kita agar tidur setidaknya 7 jam per hari.

Kurang dari itu, kita akan mengalami peningkatan risiko penyakit kronis, seperti obesitas, diabetes, tekanan darah tinggi, penyakit jantung, stroke, dan tekanan mental.

Menurut laporan laman Men's Health, salah satu cara untuk mengatasi  kurang tidur adalah dengan meningkatkan frekuensi dan intensitas olahraga.

Riset 2017 yang meneliti efek tidur dan olahraga membuktikan aktivitas fisik memberi pengaruh efektif untuk orang yang tak memiliki kuantitas dan kualitas tidur yang cukup.

Sayangnya, riset ini tak meneliti lebih dalam mengenai fungsi fisiologis tidur dalam mengatur proses hormonal dan metabolik tubuh.

Namun, riset menunjukkan olahraga aerobik atau olahraga ketahanan dapat bermanfaat untuk memperbaiki kebiasaan tidur seseorang.

Olahraga dan tidur memang tampaknya tak saling berkaitan. Olahraga dapat memacu tubuh. Sementara itu, tidur dapat membuat tubuh melamban.

Halaman:


Sumber menshealth
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X