Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Tips Mencegah Badan Pegal Linu Ketika Bangun Tidur

Kompas.com - 22/09/2018, 11:18 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber

KOMPAS.com - Semua orang mendambakan bangun pagi dengan badan terasa bugar. Namun sayang, yang sering terjadi justru kebalikannya. Alih-alih bangun tidur dalam kondisi yang segar, kamu mungkin malah mengeluhkan pegal linu di sekujur tubuh.

Agar bisa lebih semangat memulai hari, yuk ikuti beberapa cara berikut ini untuk menghindari badan pegal saat bangun tidur.

1. Ubah posisi tidur

Posisi tidur yang tepat dapat menjauhkan kita dari keluhan badan pegal saat bangun tidur esok harinya. Jika terbiasa tidur dengan posisi tengkurap, mulai hari ini cobalah untuk tidur miring ke sisi kiri atau telentang.

Tidur tengkurap dalam waktu lama akan menekan otot leher sehingga jadi terasa kaku atau sakit saat pagi.

Baca juga: Mari Mengenal Posisi Tidur yang Baik

2. Pilih bantal yang tepat

Bantal yang baik bisa membantu kita tidur lebih nyenyak tanpa keluhan “salah bantal” keesokan paginya.

Memakai bantal yang berbahan licin, misalnya, bisa membuat kepala mudah bergeser ke samping. Jadi, pilih bantal yang padat tapi tetap empuk supaya dapat mempertahankan posisi kepala dengan baik sepanjang malam.

Hindari juga memakai bantal yang terlalu tebal dan tinggi, yang bisa membuat otot leher kaku di pagi hari.

Baca juga: 5 Alasan Mengapa Bantal Perlu Diganti Rutin

3. Atur kecepatan kipas angin atau temperatur AC

Sirkulasi udara kamar yang pengap membuat kita gelisah karena kepanasan saat tidur. Begitu juga sebaliknya. Suhu kamar tidur yang terlalu dingin juga membuat tidur tak nyenyak karena kita terus-terusan menggigil. Akibatnya, otot jadi tegang, kaku, dan terasa sakit keesokan paginya.

Menurut penelitian, suhu kamar yang ideal saat tidur malam adalah 18-22 derajat Celsius. Jika Anda tidur pakai kipas angin, pastikan juga kipas jangan terlalu dekat dengan tempat tidur. Terpaan angin yang terus menerus bisa bikin badan pegal saat bangun tidur.

Baca juga: Tiga Alasan untuk Tidak Menggunakan Kipas Angin Saat Tidur

4. Mandi dengan air hangat

Badan pegal saat bangun tidur karena otot-otot sekujur tubuh menegang setelah berjam-jam dalam posisi yang sama. Terlebih jika sebelum tidur, kamu olahraga malam dulu.

Nah, untuk mencegah badan pegal saat bangun tidur besok harinya, mandilah dengan guyuran air hangat sebelum naik ke tempat tidur.

Suhu hangat dapat memperlebar pembuluh darah sehingga suplai oksigen dalam darah lebih mudah mencapai daerah yang sakit. Hal ini akan membantu merilekskan otot yang tegang dan mengurangi atau mencegah nyeri.

Mandi air hangat juga akan mengurangi kekakuan dan meningkatkan rentang gerak bagian tubuh yang nyeri.

Baca juga: Berendam di Air Hangat Bakar Kalori Setara 30 Menit Jalan Kaki

Setelah mandi, keringkan tubuh dan kenakan pakaian tidur yang longgar. Jangan lupa untuk meditasi cukup 10 menit saja. Tubuh dan pikiran jadi sama-sama rileks sehingga kamu bisa tidur lebih nyenyak. Bangun pagi pun akan terasa lebih semangat!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com