Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/09/2018, 15:12 WIB
Ariska Puspita Anggraini,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Terlihat cerdas dan pintar pasti membuat kita dihargai banyak orang. Namun, untuk bisa tampil cerdas tak melulu soal gaya rambut atau riasan yang kita pakai.

Ada banyak cara yang bisa kita gunakan agar terlihat cerdas di mata orang lain. Periset telah mendokumentasikan bagaimana orang mencoba tampil lebih pintar.

Orang-orang juga cenderung mematok kriteria tertentu untuk menentukan apakah orang yang ada didekatnya memiliki tingkat kepandaian lebih.

Menurut Bogdan Wojciske, profesor psikologi sosial dari Polandia, orang suka menyimpulkan saat melihat orang yang belum mereka kenal.

“Kita cenderung membuat penilaian berdasarkan tanda-tanda atau perilaku yang tampak, tanpa terlalu banyak berpikir," paparnya.

Orang lain mendapati kesan terhadap diri kita setelah melakukan percakapan singkat. Persepsi yang dihasilkan secara sekilas ini mungkin tidak akan menghasilkan asumsi yang tepat pada orang yang dinilai. 

Nah, jika ingin terlihat pintar dihadapan orang lain, ada beberapa tips yang bisa kita lakukan. Laman Reader's Diggest telah merangkut 13 cara agar kita terlihat pintar.

1. Berbicara dengan jelas

Cara kita bebricara mempenagruhi persepsi orang lain. Menurut Dainel Oppenheimer, profesor psikologi kognitif di University of California, orang pintar selalu memilih kata-kata yang tepat saat berbicara.

Menurutnya, manusia cenderung menggunakan kosakata yang rumit agar membuatnya terlihat lebih pintar.

Namun, penelitian Oppenheimer menunjukkan seorang penulis dianggap lebih pintar ketika menulis dengan kata yang lebih mudah dipahami.

Menggunakan kata-kata rumit namun sulit dipahami hanya justru membuatnya tak akan terlihat pintar.

"Orang mengasosiasikan kecerdasan dengan kemampuan menjelaskan," kata Oppenheimer.

Ia mengatakan orang yang lebih pintar menggunakan kata-kata yang tepat dan sesuai dalam tulisan mereka, agar orang mudah memahaminya.

Baca juga: Cara Membuat Anak Nyaman Tanpa Kata-kata

2. Ekspresif

Berbicara dengan cara tertentu juga bisa membuat kita terlihat pintar. Kuncinya adalah berbicara secara ekspresif dengan memvariasikan volume dan energi kita.

Menurut pakar komunikasi Leonard Mlodinow, dua orang yang menyampaiakn kata-kata yang sama persis tetap akan terlihat berbeda jika ekspresinya berbeda.

Ia yang berbicara sedikit lebih cepat dan lebih keras dan dengan jeda yang lebih sedikit dan variasi volume yang lebih besar, akan dinilai lebih energik, berpengetahuan, dan cerdas.

Baca juga: Ekspresi Wajah Cerminkan Apakah Anda Kaya atau Bokek

3. Memakai kacamata

Menurut sebuah survei oleh College of Optometists yang berbasis di Inggris, 43 persen orang berpikir kacamata membuat orang terlihat lebih pintar.

Sementara itu, 40 persen responden menganggap memakai lensa yang jernih akan membuatnya terlihat cerdas.

"Kacamata membuat pemakainya mudah diingat dan membuatnya terlihat pintar tanpa harus berusaha," kata Wojciszke, seorang profesor dari University of Social Sciences and Humanitie, Polandia.

Menurutnya, banyak orang menganggap pemakai kacamata adalah orang bijaksana.

Selain itu, mereka yang identik dengan kepintaran seperti profesor, hakim, dan negarawan, lebih sering memakai kacamata daripada orang kebanyakan yang pendidikannya rendah.

Jadi, setiap isyarat yang terkait dengan kebijaksanaan, seperti buku tebal, pidato yang lancar, bahkan uban, bisa menimbulkan kesan cerdas.

Baca juga: Kacamata Berbingkai Kecil Bikin Gaya tapi Tak Melindungi Mata

4. Gunakan inisial nama tengah

Ini mungkin terdengar aneh atau formal ketika menyertakan insial nama tengah saat menulis nama kita. Namun, orang lain justru tak berpikir demikian.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com