Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yakin Kulitmu Sehat? Sudah Penuhi 4 Syarat Ini Belum?

Kompas.com - 24/09/2018, 12:42 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber

KOMPAS.com - Punya kulit sehat adalah impian semua orang. Namun, masih banyak orang yang belum paham seperti apa kulit yang sehat itu. Apakah kulit selalu harus putih bersih? Untuk tahu jawabannya, pelajari beberapa perbedaan antara kulit yang sehat dan tidak berikut ini.

Pada dasarnya, kulit yang sehat bebas dari berbagai masalah atau tanda-tanda tidak normal. Namun, bagaimana ciri-ciri pastinya?

Penting bagi kita untuk tahu apakah kulit kita sehat atau tidak. Pasalnya, ini akan membantu kita mendapatkan produk perawatan kulit yang tepat untuk ke depannya.

Nah, ada empat komponen penting yang bisa membantu mengukur kesehatan kulit, antara lain:

1. Warna kulit

Meski setiap orang memiliki warna kulit yang beragam, warna tetap jadi patokan kulit yang sehat. Mau warna kulimu hitam, putih, kuning langsat, atau sawo matang, yang penting sebenarnya rona warna itu harus merata.

Kulit yang tidak sehat umumnya ditandai dengan perbedaan warna (pigmentasi) yang menyebar di permukaan kulit. Misalnya flek cokelat akibat paparan sinar matahari atau noda hitam bekas jerawat.

Jika ada bercak putih belang-belang yang gatal di kulit, ini menandakan panu atau jamur lainnya. Warna kemerahan pada kulit menjadi tanda kulit mengalami peradangan atau kerusakan.

Rona kulit yang kusam dan lingkaran gelap di sekitar mata juga bisa menandakan bahwa kulit kelelahan dan mengalami dehidrasi.

Baca juga: Banggalah dengan Warna Kulit yang Dimiliki

2. Tekstur kulit

Kulit yang sehat sudah pasti akan terasa kenyal, lembut, dan halus. Jikakamu merasakan kulit kasar seperti ada benjolan-benjolan kecil; mengering dan berkeriput; atau mengendur, ini menandakan bahwa kulit bermasalah.

Biasanya kulit kasar disebabkan oleh jerawat, bekas luka, komedo, keriput, atau iritasi.

Baca juga: Ingin Kulit Sehat Berkilau? Tingkatkan Konsumsi Makanan Berikut...

3. Kulit lembap

Kulit yang sehat sudah pasti terasa lembap karena artinya asupan air untuk kulit terpenuhi. Air menjaga keseimbangan sebum di permukaan kulit sehingga mencegah munculnya jerawat atau kulit berminyak, serta berperan penting dalam produksi kolagen.

Kulit yang kekurangan air bisa terasa kering sehingga muncul tanda-tanda penuaan kulit yang lebih cepat dari seharusnya. Kulit kering biasanya mudah gatal dan bersisik atau mengelupas.

Baca juga: Penting, Kulit Wajah Harus Tetap Lembab!

4. Sensasi pada kulit

Jika kulitmu sehat, tidak akan timbul sensasi aneh atau tidak nyaman pada kulit. Sebaliknya, jika kulitmu bermasalah, mungkin kamu akan merasakan gatal, sensasi panas terbakar, atau kencang seperti tertarik.

Sensasi tersebut biasanya muncul akibat penggunaan produk perawatan kulit atau kosmetik yang terlalu keras bagi kulit.

Zat yang sifatnya terlalu keras bisa menimbulkan reaksi seperti perubahan warna dan menimbulkan sensasi tidak nyaman pada kulit. Sebaiknya hentikan pemakaian produk tersebut agar kulit tidak semakin rusak.

Baca juga: 6 Tanda Kita Memakai Terlalu Banyak Produk Perawatan Kulit

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com