Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Motif Ikonik Mickey Mouse Hiasi Batik Kolaborasi Disney x Iwan Tirta

Kompas.com - 24/09/2018, 19:36 WIB
Nabilla Tashandra,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comMickey Mouse sebagai tokoh kartun ikonik Disney sudah puluhan tahun menjadi idola banyak orang di berbagai penjuru dunia.

Kini kita bisa menyaksikan uniknya motif khas Mickey dalam koleksi maestro batik Iwan Tirta.

Koleksi tersebut merupakan kolaborasi Disney Indonesia dan Iwan Tirta Private Collection dalam rangka perayaan ulang tahun ke-90 Mickey.

Dari delapan busana pria dan wanita pada koleksi ini, kita bisa merasakan kentalnya karakter batik khas Iwan Tirta dan kehadiran Mickey hadir pada saat yang sama.

Marketing Manager Iwan Tirta Private Collection, Rindu Melati Pradnyasmita menjelaskan, tokoh Mickey menjadi inspirasi pihaknya dalam merancang motif batik untuk koleksi tersebut.

Baca juga: Nostalgia Lewat Perhiasan dengan Karakter Mickey Mouse

Karakter Mickey yang timeless alias tak lekang oleh waktu dianggap memiliki kesamaan dengan batik sebagai sebuah karya seni yang juga tak termakan waktu.

Batik adalah suatu karya seni yang timeless dan bisa mewakili masing-masing generasi, bisa diwariskan ke generasi berikutnya."

"Sama seperti Mickey,” kata Rindu ketika ditemui di butik Iwan Tirta Private Collection di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (24/9/2018).

Proses balik layar pembuatan batik koleksi kolaborasi Disney Indonesia dan Iwan Tirta Private Collection salam rangka perayaan ulang tahun ke-90 Mickey Mouse.Disney Indonesia Proses balik layar pembuatan batik koleksi kolaborasi Disney Indonesia dan Iwan Tirta Private Collection salam rangka perayaan ulang tahun ke-90 Mickey Mouse.

Tak hanya itu, tim Iwan Tirta Private Collection juga menerjemahkan karakter optimistis tokoh Mickey ke dalam motif batik garuda serakit.

Garuda serakit terinspirasi dari garuda sebagai simbol Negara Indonesia.

Motif garuda serakit sebetulnya diciptakan oleh maestro batik Go Tik Swan yang merupakan guru Iwan Tirta.

Go Tik saat itu diminta oleh Presiden Soekarno untuk membuat motif batik yang mewakili Indonesia, bukan daerah-daerah tertentu.

Namun, motif garuda serakit tersebut kemudian dikembangkan oleh Iwan Tirta dengan ukuran yang cenderung lebih besar.

Baca juga: Berebut Merek Iwan Tirta...

Di balik simbol garuda, tersemat makna dan harapan dari para bapak bangsa agar Indonesia bisa menjadi negara yang berkembang dan maju di kemudian hari.

“Secara filosofis rasanya motif garuda serakit ini cocok dengan karakter Mickey, akhirnya muncul garuda serakit ini untuk merayakan 90th anniversary-nya Mickey Mouse,” kata Rindu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com