Kompas.com - 25/09/2018, 08:00 WIB
Ilustrasi perempuan hamil Shela KusumaningtyasIlustrasi perempuan hamil

KOMPAS.com - Usia calon ibu berpengaruh besar terhadap kesuburannya. Demikian juga halnya pada keberhasilan program bayi tabung.

Ketika wanita berusia 36 tahun, peluangnya untuk hamil secara alami akan turun setengah dari 20 tahun sebelumnya. Di usia 41, peluangnya terus turun sampai tinggal 4 persen.

Menurut dr.Arie A.Polim, Sp.OG(K), faktor usia memang sangat krusial dalam program kesuburan.

"Untuk program bayi tabung, peluang keberhasilan dinilai dari usia ibu. Kalau datang di usia kurang dari 35 tahun, peluangnya besar, sampai 45 persen keberhasilannya," kata dokter dari klinik Morula IVF Jakarta ini.

Ia mengatakan, kualitas sel telur akan terus menurun sejalan dengan bertambahnya usia. Kualitas sel telur yang turun itu memperkecil kemungkinan terjadinya kehamilan.

Baca juga: Kapan Saatnya Harus Memilih Program Bayi Tabung?

Ditambahkan oleh Dr.Ivan Sini, Sp.OG, jika pasutri mengikuti program bayi tabung di usia masih muda maka obat hormon yang diperlukan tidak terlalu banyak.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kalau sudah di atas 38 tahun, sel telurnya sedikit, tentu cost untuk merangsang sel telur jadi banyak. Yang mahal adalah obat hormonalnya," kata Ivan.

Untuk itu, menurut dia, pasutri yang sudah menikah selama setahun dan rutin melakukan hubungan seksual namun tidak berhasil hamil disarankan untuk melakukan pemeriksaan kesuburan.

"Banyak pasangan yang bertahun-tahun berobat ke sana ke mari menghabiskan banyak biaya. Tapi, sesungguhnya biaya terbesar adalah waktu karena ini sangat krusial bagi wanita," katanya.

Berikhtiar melakukan pengobatan alternatif untuk hamil, menurut Ivan, boleh saja. Namun, pemeriksaan kesuburan di dokter sebaiknya tetap perlu dilakukan.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.