Kompas.com - 26/09/2018, 06:58 WIB
Ilustrasi bersepeda DragonImagesIlustrasi bersepeda

KOMPAS.com - Sering dianggap sepele, sebenarnya hal sesederhana bernapas yang benar dapat memengaruhi perfoma dan hasil olahraga.

"Ketika kita sudah memikirkan tentang denyut jantung, kualitas (olahraga) dan kontrol pernapasan dalam olahraga, kita bisa mendapatkan hasil yang lebih baik," demikian diungkapkan Mike Clancy, C.S.C.S, pelatih kekuatan dari New York.

Meski terdengar sederhana, namun ada perbedaan antara pernapasan sehari-hari dan bernapas dalam kondisi tertentu.

Setiap bernapas, kita akan menghirup oksigen untuk memperlancar fungsi tubuh. Semakin banyak kita bergerak, semakin banyak oksigen yang kita perlukan.

Sadia Benzaquen, M.D., seorang pulmonolog dan Director of The Interventional Pulmonology Program di University of Cincinnati College of Medicine mengatakan, anggaplah oksigen sebagai "bahan bakar" bagi otot. Maka untuk beraktivitas fisik kita memerlukan banyak oksigen.

Pada level permukaan laut, udara yang kita hirup berkisar 21 persen oksigen dan 78 persen nitrogen.

Ketika udara ini masuk ke dalam mulut, udara akan melalui laring, pita suara, trakea, kemudian bronkus kanan dan kiri, brokiolus, dan alveolus, dimana kantung udara kecil dalam paru-paru akan memisahkan udara menjadi oksigen dan karbon dioksida.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Oksigen yang sudah dipisahkan akan dipompa menuju jantung, otak dan otot-otot tubuh lainnya, sementara karbon dioksida akan dibuang melalui mulut atau hidung.

Semakin aktif kita, semakin banyak oksigen yang dibutuhkan untuk aktivitas pernapasan tersebut.

Makin efisien distribusi oksigen tersebut ke otot, maka akan semakin efisien kerja fisik kita dan hasil yang didapatkan akan semakin maksimal.

Halaman:


Sumber SELF
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.