Mayoritas Pembeli Berlian adalah Orang Muda - Kompas.com

Mayoritas Pembeli Berlian adalah Orang Muda

Kompas.com - 26/09/2018, 15:39 WIB
Berlian 102,34 karat dipamerkan di balai lelang Sotheby, di London, Inggris, Kamis (8/2/2018) . (AFP/Tolga Akmen)TOLGA AKMEN Berlian 102,34 karat dipamerkan di balai lelang Sotheby, di London, Inggris, Kamis (8/2/2018) . (AFP/Tolga Akmen)

KOMPAS.com - Perhiasan dengan kilau berlian memang selalu memikat. Kalangan pecinta berlian kini bukan hanya orang-orang tua yang sudah mapan. Generasi muda pun ramai-ramai mengoleksi berlian.

Menurut laporan terbaru Diamond Insight Report 2018 dari De Beers Group, generasi milenial dan juga generasi Z yang lebih muda kini menjadi pembeli berlian terbanyak secara global atau mencapai dua pertiga konsumen. Ini merupakan rekor baru.

Milenial, atau mereka yang berusia 21-39 tahun, diperkirakan menjadi kelompok pembeli berlian terbanyak. Sekitar 60 persen pembeli berlian di Amerika dan 80 persen di China adalah orang muda berduit di rentang usia ini.

Sementara itu, Gen Z yang saat ini usia tertuanya baru menginjak 20 tahun, diprediksi akan menjadi generasi yang paling banyak membeli berlian.

Walau secara finansial mereka belum matang, tetapi generasi Z ternyata sudah tertarik pada berlian. Sekitar 5 persen pembeli berlian di AS adalah konsumen berusia 18-20 tahun!

Laporan tersebut mengungkapkan beberapa alasan mengapa orang-orang muda ini tertarik dengan berlian.

Salah satunya adalah alasan romantisme atau cinta. Baik generasi milenial dan generasi Z sama-sama ingin menunjukkan perasaan dan menyimbolkan cintanya lewat berlian.

Para orang muda ini juga akan memilih berlian dalam momen pernikahannya. Namun, mereka lebih menyukai desain perhiasan yang tidak tradisional, lebih personal dan menggambarkan kepribadiannya.

"Walau milenial dan generasi Z tertarik dengan berlian seperti generasi sebelumnya, tetapi saat ini mereka menginginkan produk dengan desain berbeda. Berlian dipakai sebagai simbol dari ekspresi cinta dan membelinya untuk berbagai momen istimewa," kata CEO De Beers Group, Bruce Cleaver, dalam siaran pers.

Berlian juga dipilih untuk menunjukkan keseriusan komitmen mereka. Dengan kata lain, terkadang saat ingin memberi hadiah pada orang terkasih pun pilihannya jatuh pada berlian.



Close Ads X