Kompas.com - 27/09/2018, 15:00 WIB
Ilustrasi ThinkstockIlustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Remaja cenderung mencari jawaban dari rasa ingin tahunya akan kesehatan reproduksi dan seksualitas di internet. Dibutuhkan situs yang menyediakan informasi kesehatan remaja yang terpercaya.

Menurut dr.Francisca Handy Agung, Sp.A, remaja menghadapi banyak perubahan baik secara fisik mau pun psikis. Namun, kebanyakan remaja enggan mencari informasi kepada orangtua atau gurunya.

"Mereka merasa membutuhkan privasi sehingga lebih suka mencari informasi sendiri secara online," katanya dalam acara peluncuran situs Dokter Gen Z di Jakarta (27/9).

Dengan mencari di mesin pencarian Google, ribuan informasi akan tersaji, namun tidak semuanya berasal dari sumber terpercaya.

Penyanyi Tasya Kamila mengatakan, ketika remaja ia juga sering mencari informasi seputar kesehatan reproduksi di internet.

"Kalau mau tanya ke teman sama-sama tidak tahu, jadi dulu aku sering googling. Karena kalau untuk share ke orangtua atau teman tidak nyaman," ujar Tasya.

Wanita yang baru saja melepas masa lajangnya ini mengatakan, kelemahan internet adalah tidak semuanya adalah informasi yang benar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Tidak jelas siapa penulisnya, terkadang hanya blog pribadi. Biasanya aku akan lebih teliti saat membaca berita, apalagi yang heboh. Harus cek dulu ke beberapa sumber sebelum menyebarkannya," katanya.

Dokter online

Untuk memperluas akses informasi kesehatan reproduksi pada remaja, John Hopkins University bekerja sama dengan Hipwee meluncurkan situs Dokter Gen Z.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.