Viral soal HIV Menular akibat Perawatan Wajah, Ini Penjelasan Dokter

Kompas.com - 27/09/2018, 21:21 WIB
Beredar informasi pasien yang mengaku tertular HIV setelah melakukan treatment facial. Instagram: Andrea Gunawan, @catwomenizerBeredar informasi pasien yang mengaku tertular HIV setelah melakukan treatment facial.

JAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa hari terakhir viral perbincangan di media sosial mengenai seorang pasien yang mengaku mengidap HIV positif setelah menjalani perawatan wajah atau facial treatment.

Pasien itu mengatakan, klinik tempat ia menjalani perawatan menggunakan peralatan yang tidak steril. Sementara, peralatan tersebut berhubungan dengan darah untuk pencet jerawat.

Awalnya, pasien tersebut menuliskan pengalamannya di kolom komentar dalam kilas cerita di akun Instagram seorang aktivis kesehatan seksual Andrea Gunawan pada Sabtu (22/9/2018).

Ketika itu, Andrea membuat InstaStory tentang tes HIV di Puskesmas di sekitar Jakarta Pusat.

Kompas.com mencoba klarifikasi terkait informasi penyebaran HIV kepada salah satu dokter spesialis kulit dan kelamin, dr Ismiralda Oke Putranti.

"Pada dasarnya, HIV dapat ditularkan melalui kontak dengan cairan tubuh, termasuk darah, air mani/sperma, cairan vagina, dan air susu ibu yang terinfeksi HIV," ujar dr Oke saat dihubungi Kompas.com pada Kamis (27/9/2018).

Staf pengajar ilmu kesehatan kulit dan kelamin Fakultas Kedokteran Universitas Jenderal Soedirman ini menambahkan, HIV dapat bertahan hidup dan menular jika cairan yang terkontak cukup banyak dan dalam waktu kurang dari 1 menit atau relatif singkat.

Baca juga: Mari Memahami Perbedaan HIV dan AIDS

Lalu, apakah benar facial treatment bisa menyebabkan menularnya virus HIV?

"Seharusnya tidak jika prosedur dan alat-alat yang digunakan dalam tindakan facial sebelumnya telah melalui proses sterilisasi yang baik," ujar dr Oke.

Menurut Oke, dalam prosedur facial pada umumnya harusnya tidak menggunakan jarum suntik yang memungkinkan menyimpan cairan tubuh seseorang.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X