Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita "Pomade Lokal", Jangkau 515 Kota di Indonesia dengan Shopee

Kompas.com - 27/09/2018, 22:08 WIB
Glori K. Wadrianto

Editor

KOMPAS.com -Siapa tak pernah mendengar kata pomade? Produk grooming untuk pria ini kini kian laris diburu kaum Adam.

Kaum pria yang ingin tampil stylist dengan tatanan rambut yang super rapi, biasa menggunakan produk ini sebagai pendukung.

Nah, adalah Chief Barbershop yang lahir di tahun 2013, yang menangkap peluang itu. 

Seiring berjalannya waktu, Chief Barbershop tak hanya melulu mengurus soal pangkas rambut.

Dua orang yang menahkodai usaha Chief Barbershop ini, Oky Andries dan Fatsi Anzani mendirikan perusahaan "induk" Chief Barber & Supplies Co..

Perusahaan itu didirikan untuk lebih mendalami produk perawatan pria.

Baca juga: Pakai Pomade? Simak Tips Ini Agar Rambut Tak Rusak

Dengan dukungan sederet ahli lokal, Chief Barber & Supplies Co. mengembangkan riset hingga memproduksi pomade, baik yang berbahan dasar minyak (oil based) maupun (water based).

"Misi kami adalah ingin membawa pengalaman barbershop ke rumah," kata Oky Andries yang berbicara di Chief Barbershop Kemang, Jakarta, Kamis (27/9/2018).

Salah satunya adalah dengan memproduksi pomade. "Jadi harapannya, para pria udah seperti balik dari barbershop hanya karena pakai pomade, sesimpel itu," kata Oky.

Kebutuhan akan produk ini pun berkembang. Terlebih produk impor tak selalu cocok dengan karakteristik rambut maupun cuaca di Indonesia.

"Ini memang produk yang awalnya dikenal di Amerika dan Eropa. Tapi produk di sana kalau dipakai di sini cenderung lebih berminyak, karena di sini panas."

Oky Andries, pendiri Chief Barber & Supplies Co.KOMPAS.com/ GLORI K WADRIANTO Oky Andries, pendiri Chief Barber & Supplies Co.

"Makanya kadang kita bingung, ini pake pomade kok jadi jerawatan, atau minyaknya gak ilang-ilang padahal udah keramas berkali-kali," ujar Oky.

Baca juga: Produk Tata Rambut Clay Menggeser Pomade?

Berangkat dari pengalaman itu, Chief Barber & Supplies Co. pun membuat pomade yang khusus untuk rambut Asia. "Dengan cuaca kayak di Indonesia," kata dia.

Namun, yang mengejutkan selanjutnya adalah, ketika produk ini dibawa ke ajang Barber Connect di Inggris tahun lalu, pomade Chief Barber ternyata masih cocok dipakai di sana.

Distribusi

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com