Kompas.com - 28/09/2018, 11:00 WIB
Ilustrasi PexelsIlustrasi

KOMPAS.com - Godaan untuk tetap konsisten menjalani pola hidup sehat memang banyak. Apalagi terkait untuk menjaga asupan kalori agar berat badan tetap terjaga.

Acara pesta atau traktiran makan enak sering membuat kita tak tahan menjalani diet, belum lagi menghabiskan serial favorit terasa lebih menyenangkan ketimbang berkeringat sambil olahraga lari.

Oleh karena itu, para ahli kian meyakini jika pikiran sebenarnya sama pentingnya untuk kesukesan menurunkan berat badan.

Menurut kesimpulan sebuah penelitian terbaru, jika kita dilatih untuk bisa membayangkan dengan seluruh panca-indera diri kita setelah berhasil menurunkan berat badan, maka motivasinya akan semakin kuat.

Bukan itu saja, dari penelitian yang melibatkan 141 orang yang tergolong gemuk ini juga diketahui penurunan berat badannya bisa 5 kali lebih banyak.

Teknik untuk membayangkan atau memvisualisasikan itu disebut juga dengan "intervensi motivasi" atau pelatihan citra fungsional (FIT). Efeknya terhadap proses penurunan berat badan dibandingkan dengan konseling yang disebut wawancara motivasi (MI).

Dalam MI, peserta akan menerima konseling yang memungkinkan mereka untuk berbicara tentang motivasi untuk berubah dan membuang lemak berlebih.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Apa itu FIT?

FIT adalah metode pelatihan yang mengajarkan para pelaku diet cara memvisualisasikan—dalam cara paling realistis— mencapai sasaran penurunan berat badan.

Termasuk di dalamnya adalah visualisasi tentang apa yang memungkinkan dilakukan atau mengalami yang belum mereka lakukan atau alami dengan berat mereka saat ini.

Halaman:


Sumber The Sun
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.