Tingkatkan Fungsi Otak dengan 10 Menit Olahraga

Kompas.com - 28/09/2018, 11:38 WIB
Ilustrasi olahraga jacoblundIlustrasi olahraga

KOMPAS.com - Tak ada alasan lagi tak punya waktu untuk berolahraga. Karena, olahraga dalam waktu singkat pun, 10 menit, sudah berdampak besar bagi kebugaran tubuh dan fungsi otak.

Menurut tim peneliti dari Univeristas California Irvine (UCI) dan University Tsukuba, Jepang, olahraga singkat juga bisa meningkatkan komunikasi di antara berbagai bagian otak sehingga memori kita semakin kuat.

Penelitian itu dilakukan dengan mempelajari aktivitas otak 36 orang dewasa muda setelah melakukan 10 menit olahraga ringan, seperti berjalan lambat, yoga atau taichi. Kemudian setelah itu mereka diminta melakukan tes ingatan.

Hasilnya, latihan olahraga itu signifikan meningkatkan komunikasi saraf antara bagian otak yang menyimpan ingatan dan daerah korteks otak yang membantu mengingat memori dengan jelas.

Ketua peneliti Michael Yassa, mengatakan olahraga singkat ini diharapkan bisa mendorong banyak orang untuk memulai hidup sehat dengan cara yang mudah.

Baca juga: Agar Kembali Bugar Setelah Lama Jeda Olahraga

Ini bukan berarti kita tak boleh melakukan olehraga dengan durasi yang lebih lama. Jika kita punya waktu luang, manfaatkanlah untuk melakukan olahraga. Tapi, sedang sibuk melakukan hal sederhana seperti naik tangga saat berada di kantor atau berjalan kaki selama 10 menit tetap punya manfaat besar.

Kita juga bisa melakukan latihan interval tinggi yang terbukti mampu membakar banyak kalori walau dilakukan secara singkat.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X