6 Alasan Kenapa Ortu Perlu Membacakan Dongeng untuk Anak

Kompas.com - 28/09/2018, 18:04 WIB
Ilustrasi membacakan buku KatarzynaBialasiewiczIlustrasi membacakan buku
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Bagi beberapa keluarga, membacakan buku cerita sebelum anak tidur merupakan sebuah tradisi turun temurun untuk mendapatkan waktu berkualitas bersama. Tapi manfaat membacakan buku cerita anak tidak hanya berhenti sampai di situ.

Membaca dengan bersuara akan mendatangkan banyak kebaikan untuk tumbuh kembang si kecil. Oleh karena itu, membacakan buku cerita anak sebaiknya dijadikan kebiasaan bagi setiap keluarga, dan tidak hanya harus dilakukan sebelum tidur.

Apa saja manfaatnya?

1. Menambah kosakata baru

Dengan mendengar dan ikut belajar membaca, anak akan semakin terbiasa dengan berbagai kosakata baru. Lama kelamaan, anak pun akan semakin lancar untuk berbicara dan fasih berbahasa karena otaknya terus dirangsang untuk memperkaya kata dan gaya bahasa yang berbeda-beda.

2. Meningkatkan keterampilan komunikasi

Semakin banyak kosakata baru yang ia serap, maka ia akan semakin fasih untuk berbicara dan menyampaikan keinginannya dengan lebih luwes. Dengan kata lain, membacakan cerita anak dengan suara lantang akan membantu si kecil untuk lebih mudah dalam berkomunikasi.

Anak akan lebih percaya diri dalam berucap ketika mereka sudah banyak mengetahui berbagai kata dan bagaimana cara menyusun kalimat yang baik, sehingga kebiasaan ini secara perlahan akan berpengaruh pada bagaimana cara anak berkomunikasi.

Baca juga: Orang yang Hobi Baca Buku Lebih Mudah Berempati

Ilustrasi membacakan bukuimtmphoto Ilustrasi membacakan buku
3. Menumbuhkan minat membaca

Salah satu masalah yang dihadapi oleh masyarakat Indonesia sejak lama adalah minimnya minat membaca. Menurut data statistik dari UNESCO, dari total 61 negara, Indonesia berada di peringkat 60 dengan minat baca terendah.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X