5 Tips Meningkatkan Kualitas Sperma Dengan Pola Hidup Sehat

Kompas.com - 28/09/2018, 19:04 WIB
Ilustrasi pasanganDragonImages Ilustrasi pasangan

KOMPAS.com - Masalah kesuburan pria umumnya terjadi ketika kuantitas dan kualitas sperma kurang baik. Entah itu karena jumlahnya sedikit, bentuknya tidak bagus, atau pergerakannya kurang cepat atau lincah untuk membuahi ovum alias sel telur.

Selain karena faktor usia, hal ini ternyata juga dipengaruhi oleh pola hidup sehat, lho. Lantas, pola hidup sehat apa saja yang dapat meningkatkan kualitas sperma?

Jika kamu dan pasangan ingin segera mendapatkan momongan, disarankan menjalani pola hidup sehat baik sebelum, saat, dan setelah program hamil selesai.

Pasalnya, sperma yang dikeluarkan saat analisis sperma sebelum menjalani program bayi tabung adalah sperma yang terbentuk sejak tiga bulan yang lalu.

Ini artinya, kalau ingin program hamil dengan pasangan berhasil, maka kamu harus menerapkan pola hidup sehat jauh sebelum merencanakan kehamilan.

Berikut ini adalah pola hidup sehat yang harus dilakukan untuk meningkatkan kualitas sperma.

1. Makan makanan bergizi seimbang

Ilustrasi makan sayuranpuhimec Ilustrasi makan sayuran
Kualitas sperma dapat dipengaruhi oleh banyak faktor, baik faktor internal maupun faktor eksternal. Salah satu faktor eksternal atau faktor luar yang dapat memengaruhi kualitas sperma adalah jenis makanan yang dikonsumsi.

Sampai saat ini, masih banyak orang yang salah kaprah dan menganggap jenis makanan tertentu dapat meningkatkan kesuburan pria maupun wanita. Misalnya, pria harus makan tauge supaya spermanya bagus dan wanita harus minum madu untuk meningkatkan kesuburan. Padahal, kenyataannya tidak selalu demikian.

Sebetulnya, tidak ada makanan atau minuman tertentu yang dapat meningkatkan kualitas sperma. Yang terpenting adalah memastikan makanan yang dikonsumsi sesuai dengan prinsip gizi seimbang.

Hal ini memang tidak secara langsung meningkatkan kualitas sperma, akan tetapi jelas membuat tubuh jadi lebih sehat. Selain itu, makanan bergizi juga dapat meningkatkan libido alias gairah seksual pria.

Kalau tubuh sehat dan disertai dengan gairah seksual yang baik, maka tingkat kesuburan pun juga akan meningkat. Alhasil, program hamil yang sedang dijalani bersama pasangan dapat berjalan dengan lancar dan peluang untuk memiliki momongan lebih besar.

Baca juga: Makan Ini, Gairah Seksual dan Kesuburan Pria Terjaga

2. Olahraga rutin

Halaman:


Sumber
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Close Ads X