Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/09/2018, 08:03 WIB
Wisnubrata

Editor

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Cahaya silau atau paparan sinar matahari sering kali menjadi kendala saat kita mengemudi ataupun saat berkegiatan di luar rumah. Karenanya sunglasses atau kacamata hitam menjadi aksesoris yang wajib dikenakan untuk melindungi mata dari sinar ultraviolet (UV) yang berbahaya.

Paparan sinar UV yang berkepanjangan dapat merusak mata, baik bagian luar maupun dalam mata yang dapat menyebabkan katarak dan degenerasi makula (terletak di bagian belakang retina).

Selain memiliki fungsi kesehatan, kacamata hitam juga berguna untuk mendukung penampilan. Maka tak heran ada berbagai jenis, bentuk, dan warna kacamata jenis ini. Artinya tidak semuanya hitam walau kita terbiasa menyebutnya kacamata hitam.

Dari sisi style dan fesyen, tren kacamata hitam juga berubah-ubah. Karena terkait dengan penampilan, maka tren kacamata juga mengikuti dunia mode. Nah, tren seperti apakah yang sedang populer saat ini? Menurut catatan penjualan Sunglass Hut, tren tersebut adalah:

1. Round medley

koleksi kacamata berbentuk bulat di Sunglass Hut Plasa SenayanKompas.com/Wisnubrata koleksi kacamata berbentuk bulat di Sunglass Hut Plasa Senayan
Ini adalah bentuk kacamata oval atau bulat yang terinspirasi gaya John Lennon. Di masa kini, bentuk kacamata bulat menggambarkan style urban dan kota besar.

Kacamata berbentuk bulat cocok digunakan oleh mereka yang memiliki bentuk wajah persegi, sehingga memberi kesan lebih proporsional.

Beberapa seleb yang terlihat menggunakan gaya ini adalah Nicole Richie, Beyonce, dan Harry Styles.

2. Retro reload

Kacamata retro Rihannavogue Kacamata retro Rihanna
Jenis retro ini memiliki frame yang kecil dan terkesan tipis, serupa dengan bentuk yang pernah populer di atas catwalk tahun 90-an.

Frame yang terkesan futuristik seperti ini cocoknya digunakan oleh mereka yang memiliki wajah bulat atau oval.

Kalau kamu memperhatikan penampilan Bella Hadid, Kendall Jenner, Rihanna, dan Jared Leto belakangan ini, kamu bakal menemukan kacamata jenis retro load bersama mereka.

3. Metal mania

Koleksi kacamata Sunglass HutKompas.com/Wisnubrata Koleksi kacamata Sunglass Hut
Metal atau kecamata dengan bingkai logam adalah salah satu yang tak lekang oleh jaman. Terkesan ringan dan ramping, frame jenis ini cocok digunakan sehari-hari untuk memberi kesan sporty.

Hal yang menarik dari frame metal adalah mereka ada dalam berbagai bentuk dan ukuran, sehingga hampir tiap orang bisa menyesuaikan bentuk wajahnya dengan frame yang diinginkan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com