Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/09/2018, 11:52 WIB
Kahfi Dirga Cahya,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Gawai kini menjadi perangkat yang sulit dipisahkan dengan anak-anak, entah dipakai untuk belajar atau bermain.

Walau ada sisi positif dari penggunaan gawai, namun tetap batasi waktu pemakaiannya karena durasi lebih dari dua jam bisa menurunkan kemampuan otak anak.

Dilansir dari New York Post, menurut studi baru di The Lancet Child & Adolescent Health, anak-anak yang menatap layar selama lebih dari dua jam per hari berisiko mengalami kerugian kognitif atau kemampuan berpikir.

Studi ini melibatkan 4.500 anak-anak Amerika Serikat yang berusia 8 hingga 11 tahun dan  dilihat aktivitas gawainya. Setelah itu data tersebut dijadikan pembanding untuk tes mengukur perkembangan otak.

Hasilnya, anak-anak yang menggunakan gawai untuk hiburan (selain tugas sekolah) tidak lebih dari 120 menit dinilai lebih baik pada kemampuan bahasa, memori episodik, fokus, working memory hingga kecepatan pemrosesan. 

Mereka yang berprestasi tinggi relatif jarang bermain gawai. Tapi, secara umum anak-anak menghasikan 3,6 jam setiap hari untuk menonton  TV, komputer, dan perangkat seluler.

Namun, para peneliti mengatakan diperlukan riset lebih dalam lagi, untuk memastikannya.

"Termasuk mempelajari pengaruh berbagai jenis waktu layar—apakah konten adalah pendidikan atau hiburan, dan apakah itu memerlukan fokus atau terkait multitasking," kata Jeremy Walsh, yang memimpin CHEO Research Institute di Ottawa.

Selain membatasi waktu layar, penelitian juga menemukan, kinerja kognitif meningkat di antara anak-anak yang  tidur 9 jam per malam dan satu jam aktivitas fisik setiap hari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com