Anak yang Berprestasi Jarang Main Gawai

Kompas.com - 29/09/2018, 11:52 WIB
Ilustrasi anak main gadget DragonImagesIlustrasi anak main gadget

KOMPAS.com - Gawai kini menjadi perangkat yang sulit dipisahkan dengan anak-anak, entah dipakai untuk belajar atau bermain.

Walau ada sisi positif dari penggunaan gawai, namun tetap batasi waktu pemakaiannya karena durasi lebih dari dua jam bisa menurunkan kemampuan otak anak.

Dilansir dari New York Post, menurut studi baru di The Lancet Child & Adolescent Health, anak-anak yang menatap layar selama lebih dari dua jam per hari berisiko mengalami kerugian kognitif atau kemampuan berpikir.

Studi ini melibatkan 4.500 anak-anak Amerika Serikat yang berusia 8 hingga 11 tahun dan  dilihat aktivitas gawainya. Setelah itu data tersebut dijadikan pembanding untuk tes mengukur perkembangan otak.

Hasilnya, anak-anak yang menggunakan gawai untuk hiburan (selain tugas sekolah) tidak lebih dari 120 menit dinilai lebih baik pada kemampuan bahasa, memori episodik, fokus, working memory hingga kecepatan pemrosesan. 

Mereka yang berprestasi tinggi relatif jarang bermain gawai. Tapi, secara umum anak-anak menghasikan 3,6 jam setiap hari untuk menonton  TV, komputer, dan perangkat seluler.

Namun, para peneliti mengatakan diperlukan riset lebih dalam lagi, untuk memastikannya.

"Termasuk mempelajari pengaruh berbagai jenis waktu layar—apakah konten adalah pendidikan atau hiburan, dan apakah itu memerlukan fokus atau terkait multitasking," kata Jeremy Walsh, yang memimpin CHEO Research Institute di Ottawa.

Selain membatasi waktu layar, penelitian juga menemukan, kinerja kognitif meningkat di antara anak-anak yang  tidur 9 jam per malam dan satu jam aktivitas fisik setiap hari.

Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X