Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Melindungi Rambut dan Kulit jika Sering Berenang

Kompas.com - 30/09/2018, 06:06 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber

KOMPAS.com - Berenang adalah aktivitas yang menyenangkan dan menyegarkan untuk melatih fisik. Selain itu, berenang baik untuk kesehatan tubuh, mental, dan jantung.

Kita bisa melakukan olahraga air ini setiap hari untuk mendapatkan tubuh dan pikiran yang lebih segar. Namun, berenang setiap hari memiliki dampaknya tersendiri.

Air dalam kolam renang biasanya mengandung bahan-bahan kimia yang berpotensi merusak rambut dan kulit, apalagi jika kita berenang di bawah paparan sinar matahari. Namun kita bisa melakukan langkah-langkah berikut untuk memberi perlindungan bagi rambut dan kulit.

Apa saja yang ada di air kolam renang?

Untuk membunuh berbagai bakteri, kuman, dan lumut yang hidup dalam air kolam renang, bahan-bahan kimia seperti disinfektan dan sanitizer akan dicampurkan pada air. Soda abu (natrium karbonat) juga kerap dicampurkan untuk meningkatkan pH air.

Yang paling umum dipakai sebagai disinfektan dan sanitizer adalah klorin. Proses pelepasan zat klorin dalam air disebut dengan klorinasi.

Ada berbagai jenis klorin yang biasanya digunakan, misalnya klorin cair, klorin padat (tersedia dalam bentuk tablet yang akan larut dalam air), dan gas klorin untuk kolam renang yang berukuran sangat besar.

Baca juga: Inilah Penyebab Mata Suka Merah di Kolam Renang

Bahaya klorin bagi rambut dan kulit

Meskipun klorin sangat berguna untuk membunuh bakteri, bukan berarti klorin tidak akan memberikan efek apa pun pada rambut dan kulit manusia yang langsung bersentuhan dengan air kolam.

Jika kita sering berenang, tentu lama-lama dampak klorin pada rambut dan kulit akan semakin terasa. Klorin bisa menyebabkan rambut dan kulit kering karena reaksi oksidasi yang dihasilkan.

Bahkan bagi sebagian orang yang sensitif terhadap bahan-bahan kimia yang kuat, klorin dalam air kolam renang akan menimbulkan rasa gatal dan kulit yang kemerahan.

Maka, penting bagi kita yang sering berenang untuk memberikan proteksi ekstra pada rambut dan kulit sehingga tetap bisa menjaga kesehatan rambut dan kulit sambil menikmati segarnya kolam renang.

Baca juga: Jangan Lagi Pipis di Dalam Kolam Renang, Ini Risikonya...

Melindungi kulit saat berenang

Ilustrasi berenangJuan_Algar Ilustrasi berenang
Kulit yang terlalu sering terpapar klorin akan kehilangan kelembapan alaminya. Untuk menghindari kulit yang kering atau kasar karena sering berenang, terapkan langkah-langkah di bawah ini sebelum dan sesudah berenang.

1. Gunakan sunblock atau pelembap tahan air

Halaman Berikutnya
Halaman:
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com