Kompas.com - 30/09/2018, 06:06 WIB
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Berenang adalah aktivitas yang menyenangkan dan menyegarkan untuk melatih fisik. Selain itu, berenang baik untuk kesehatan tubuh, mental, dan jantung.

Kita bisa melakukan olahraga air ini setiap hari untuk mendapatkan tubuh dan pikiran yang lebih segar. Namun, berenang setiap hari memiliki dampaknya tersendiri.

Air dalam kolam renang biasanya mengandung bahan-bahan kimia yang berpotensi merusak rambut dan kulit, apalagi jika kita berenang di bawah paparan sinar matahari. Namun kita bisa melakukan langkah-langkah berikut untuk memberi perlindungan bagi rambut dan kulit.

Apa saja yang ada di air kolam renang?

Untuk membunuh berbagai bakteri, kuman, dan lumut yang hidup dalam air kolam renang, bahan-bahan kimia seperti disinfektan dan sanitizer akan dicampurkan pada air. Soda abu (natrium karbonat) juga kerap dicampurkan untuk meningkatkan pH air.

Yang paling umum dipakai sebagai disinfektan dan sanitizer adalah klorin. Proses pelepasan zat klorin dalam air disebut dengan klorinasi.

Ada berbagai jenis klorin yang biasanya digunakan, misalnya klorin cair, klorin padat (tersedia dalam bentuk tablet yang akan larut dalam air), dan gas klorin untuk kolam renang yang berukuran sangat besar.

Baca juga: Inilah Penyebab Mata Suka Merah di Kolam Renang

Bahaya klorin bagi rambut dan kulit

Meskipun klorin sangat berguna untuk membunuh bakteri, bukan berarti klorin tidak akan memberikan efek apa pun pada rambut dan kulit manusia yang langsung bersentuhan dengan air kolam.

Jika kita sering berenang, tentu lama-lama dampak klorin pada rambut dan kulit akan semakin terasa. Klorin bisa menyebabkan rambut dan kulit kering karena reaksi oksidasi yang dihasilkan.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.