Kompas.com - 01/10/2018, 05:05 WIB

KOMPAS.com - Jika kesibukan membuat kita melewatkan waktu berolahraga, kini telah ada solusinya.

Yah, hanya meluangkan waktu dua menit saja, sudah cukup untuk mendapatkan manfaat olahraga yang maksimal.

Latihan interval intensitas tinggi bisa menjadi solusi bagi mereka yang dilanda kesibukan untuk tetap mempertahankan kebugaran tubuh.

Latihan ini terdiri dari serangkaian latihan intensif yang pendek namun dilakukan dengan sekuat tenaga dan diselingi oleh periode istirahat yang singkat.

Latihan semacam ini telah terbukti membantu menurunkan berat badan, mempercepat metabolisme dan menjaga tubuh membakar lemak hingga 24 jam usai berolahraga.

Biasanya, jenis latihan sesi ini terdiri dari latihan cepat namun mengerahkan energi semaksimal mungkin yang berlangsung sekitar setengah jam.

Tapi, riset baru membuktikan hanya melakukan latihan ini selama beberapa menit saja sudah mampu memberi kita manfaat yang serupa.

Riset dilakukan oleh peneliti dari Victoria University, Australia. Untuk hasil optimal, peserta diminta untuk melakukan tiga sesi latihan dengan intensitas yang berbeda selama beberapa minggu, dengan diselingi istirahat.

Pada sesi pertama, peserta melakukan olahraga sepeda terus menerus selama 30 menit dengan mengerahkan 50 persen seluruh kemampuannya.

Baca juga: Mengenal Manfaat Olahraga untuk Kualitas Tidur...

Pada sesi berikutnya, peserta diminta bersepeda selama lima sesi dengan total waktu empat menit. Pada sesi ini, peserta harus mengerahkan 75 persen kemampuannya dan diselingi satu menit istirahat.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.