5 Makanan dan Minuman yang Bikin Bahagia - Kompas.com

5 Makanan dan Minuman yang Bikin Bahagia

Kompas.com - 01/10/2018, 12:13 WIB
ilustrasi makanan sehat ilustrasi makanan sehat

KOMPAS.com - Jika pikiran kita bahagia, rasanya hal apa saja menjadi menyenangkan. Pemicu rasa bahagia itu juga bisa muncul dari mana saja, bahkan dari makanan.

Ada empat hormon utama yang menjaga perasaan kita tetap bahagia, yakni dopamin, serotonin, endorfin, dan oksitosin.

Nah, setidaknya ada lima makanan yang bisa memicu munculnya rasa bahagia. Sayangnya bukan makanan berlemak dan bergula yang bikin kita bahagia, namun yang mengandung nutrisi. Makanan apa saja?

1. Cokelat

Cokelat bisa memicu rasa bahagia dalam diri kita. Namun, tidak semua cokelat melainkan jenis cokelat hitam dengan kandungan kokoa lebih banyak (dark chocolate).

Dark chocolate mengandung banyak antioksidan yang bisa meningkatkan perasaan secara alami dengan hadirnya N-acylethanolamine, senyawa kimia yang menstimulasi otak untuk melepaskan endorfin.

Itulah mengapa kita seperti mengalami euforia setelah mengkonsumsi cokelat berwarna pekat ini.

Dark chocolate juga mampu meningkatkan sistem imun, menyehatkan jantung dan meningkatkan fungsi kognitif.

2. Alpukat

Alpukat mengandung asam lemak omega-3 yang dikaitkan dengan kesehatan otak dan mengatur perasaan. Buah ini juga mengandung Vitamin B3 yang mampu meningkatkan serotonin.

3. Tomat ceri

Tomat adalah sumber likopen, antioksidan yang melindungi otak dan melawan depresi.

Para peneliti menemukan bahwa salah satu manfaat terbesar likopen adalah pencegahan komponen pro-inflamasi (peradangan) yang sering dikaitkan dengan depresi.

4. Kacang dan biji-bijian

Kacang mengandung banyak Vitamin B, asam lemak omega-3, magnesium, dan seng yang bisa menjaga agar tingkat hormon stres kortisol tetap rendah.

Kacang-kacangan seperti kenari, almond dan biji-bijian seperti labu juga bisa menstimulasi produksi endorfin yang nantinya akan dilepaskan ke aliran darah untuk memunculkan rasa euforia, pelepas stres dan meningkatkan rasa bahagia.

Baca juga: Quality Time bersama Keluarga Bisa Rasakan Berton-ton Kebahagiaan

5. Susu

Susu dikenal sebagai peningkat perasaan karena mengandung komponen triptofan yang akan dikonversi menjadi serotonin, hormon bahagia yang membantu meningkatkan perasaan.

Protein yang terkandung dalam susu yang diketahui sebagai laktium mampu memberikan efek menenangkan terhadap tubuh.

Namun, di samping mengkonsumsi makanan dan minuman yang bisa memicu rasa bajagia, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan perasaan kita.

Tertawa, misalnya, adalah cara lain untuk memicu pelepasan hormon bahagia. Sebab, tertawa menyebabkan pelepasan hormon yang membuat perasaan kita menjadi nyaman dan mampu membantu mengurangi sakit fisik.

Olahraga juga bisa membuat kita lebih bahagia. Olahraga setiap harinya sekitar 20 menit saja sudah bisa melepaskan hormon dopamin dan serotonin.

Selain itu, menurut para peneliti, pijat juga bisa mengurangi level kortisol sekitar 31 persen serta meningkatkan level serotonin dan dopamin hingga masing-masing 28 persen dan 31 persen.

Jika ingin mendapatkan efek bahagia yang lebih besar, kamu mungkin bisa melakukan meditasi. Sebab, menurut sebuah studi, meditasi dinilai bisa meningkatkan dopamin hingga 65 persen.




Close Ads X