Manfaat Minum Kopi Lebih Besar dari Mudaratnya

Kompas.com - 01/10/2018, 17:48 WIB
Ilustrasi kopi 5secondIlustrasi kopi

KOMPAS.com - Bagi para pecinta kopi, sehari tanpa meminum cairan pekat ini rasanya ada yang kurang. Susah konsentrasi dan badan terasa lemas.

Tapi, penggemar kopi pun sepertinya sadar bahwa bergelas-gelas kopi yang diminum sebenarnya menyimpan bahaya bagi kesehatan.

Para ahli sebenarnya belum menemukan kata sepakat tentang berapa takaran aman konsumsi kopi. Ada yang menyebut 2 cangkir, ada yang memberi batas maksimal 4 cangkir.

Walau belum ada kesimpulan, namun studi-studi tentang pengaruh kopi terus dilakukan. Seperti yang terbaru dari tim peneliti University of Southampon.

Disebutkan, sebenarnya kita bisa menikmati kopi cukup banyak dari jumlah yang sebelumnya dianggap aman atau sekitar 4 cangkir.

Alasannya, manfaat keseluruhan konsumsi kopi lebih besar daripada risikonya, seperti tekanan darah tinggi.

Menurut riset, minum tiga hingga empat cangkir kopi sehari mampu mengurangi risiko kematian dini yang disebabkan oleh berbagai faktor hingga 17 persen.

Bahkan, mereka yang mengonsumsi hingga tujuh cangkir kopi sehari juga mampu mengurangi risiko kematian dini hingga 10 persen akibat penyakit jantung.

Tentu saja manfaat ini tidak berlaku bagi semua orang. Bagi wanita hamil, misalnya, konsumsi kopi dalam jumlah tinggi tentu sangat berbahaya, begitu pula dengan penderita masalah kesehatan jantung.

Berdasarkan layanan kesehatan nasional Inggris, jumlah konsumsi kafein yang disarankan untuk wanita hamil tidak boleh lebih dari 400 miligram kafein per hari.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber DMarge
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X