Kompas.com - 01/10/2018, 19:00 WIB

KOMPAS.com - Semua orang pasti tak ingin terlihat lebih tua dari usia sebenarnya. Maka tak heran jika berbagai produk perawatan wajah yang menawarkan janji anti penuaan laku bak kacang goreng.

Tapi, tak hanya soal produk perawatan, apa yang kita konsumsi juga menentukan kondisi kulit kita.

Ada beberapa jenis makanan bisa membuat kita terlihat lebih tua. Menghindari makanan ini tentu membuat kita terlihat awet muda.

Laman Reader's Diggest merangkum 10 makanan yang membuat kita terlihat tua.

1. Permen

Permen yang sangat lezat ini ternyata memicu penuaan pada kulit. Kandungan gula pada makanan ini mampu menganggu produktivitas kolagen dan elastin.

Dua zat tersebut merupakan protein yang menjaga kulit agar tampak segar dan awet muda.

Terganggunya produktivitas protein ini dapat memiliki efek negatif, dan gula adalah zat paling berbahaya bagi produktivitas protein ini.

Ketika tubuh mencerna gula, zat ini akan meninggalkan sisa-sisa yang dikenal sebagai produk akhir glikasi lanjut atau AGEs.

Menurut Ana Reisdoorf, pakar diet bersertifikat, seiring waktu, AGEs ini akan membangun dan menempel pada kolagen, yang dapat menyebabkan kerutan atau kulit mengendur.

Baca juga: Mengenali Kandungan Gula dalam Buah Segar, Kering dan Jus

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.