Ingin Awet Muda? Hindari 10 Makanan Ini...

Kompas.com - 01/10/2018, 19:00 WIB
Seorang pria muda yang terlihat lebih tuatommasolizzul Seorang pria muda yang terlihat lebih tua

KOMPAS.com - Semua orang pasti tak ingin terlihat lebih tua dari usia sebenarnya. Maka tak heran jika berbagai produk perawatan wajah yang menawarkan janji anti penuaan laku bak kacang goreng.

Tapi, tak hanya soal produk perawatan, apa yang kita konsumsi juga menentukan kondisi kulit kita.

Ada beberapa jenis makanan bisa membuat kita terlihat lebih tua. Menghindari makanan ini tentu membuat kita terlihat awet muda.

Laman Reader's Diggest merangkum 10 makanan yang membuat kita terlihat tua.

1. Permen

Permen yang sangat lezat ini ternyata memicu penuaan pada kulit. Kandungan gula pada makanan ini mampu menganggu produktivitas kolagen dan elastin.

Dua zat tersebut merupakan protein yang menjaga kulit agar tampak segar dan awet muda.

Terganggunya produktivitas protein ini dapat memiliki efek negatif, dan gula adalah zat paling berbahaya bagi produktivitas protein ini.

Ketika tubuh mencerna gula, zat ini akan meninggalkan sisa-sisa yang dikenal sebagai produk akhir glikasi lanjut atau AGEs.

Menurut Ana Reisdoorf, pakar diet bersertifikat, seiring waktu, AGEs ini akan membangun dan menempel pada kolagen, yang dapat menyebabkan kerutan atau kulit mengendur.

Baca juga: Mengenali Kandungan Gula dalam Buah Segar, Kering dan Jus

2. Daging yang dipanggang hangus

Daging panggangbhofack2 Daging panggang

Mengonsumsi daging panggang yang dibakar dengan kematangan tinggi memang terasa nikmat. Namun, ini mengancam kesehatan dan kondisi kulit kita.

Halaman:



Close Ads X