Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/10/2018, 13:40 WIB
Nabilla Tashandra,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bertepatan dengan perayaan Hari Batik Nasional, Barbie meluncurkan koleksi terbaru hasil kolaborasi dengan Iwan Tirta Private Collection, yakni koleksi Barbie Batik Kirana.

Kolaborasi ini merupakan kali pertamanya bagi Barbie berkolaborasi dengan desainer lokal menggunakan kain identitas negeri.

Vice President dan General Manager Mattel Indonesia, Roy Tandean berharap koleksi Barbie Batik Kirana bisa menginspirasi generasi penerus sekaligus bagian dari melestarikan batik.

Barbie Batik Kirana dengan motif Kawung Manis hasil kolaborasi Barbie dengan Iwan Tirta Private Collection.KOMPAS.com/Nabilla Tashandra Barbie Batik Kirana dengan motif Kawung Manis hasil kolaborasi Barbie dengan Iwan Tirta Private Collection.
"Barbie adalah ikon global. Untuk akhirnya bisa mencitakan barbie dengan pakaian batik khas adalah mimpi yang menjadi kenyataan," katanya dalam peluncuran koleksi Barbie Batik Kirana di Plaza Indonesia, Jakarta, Selasa (2/10/2018).

Sementara itu, CEO Iwan Tirta Private Collection, Widharmika Agung mengatakan, kolaborasi dengan Barbie bisa menjadi jembatan untuk semakin memperkenalkan batik kepada kalangan muda. 

Ia berharap, langkah ini bisa menginspirasi anak-anak Indonesia untuk terus melestarikan budaya Indonesia.


Koleksi Barbie Batik Kirana memperkenalkan dua motif berbeda, yakni Kawung Manis dan Sawunggaling Latar Kopi Pecah".

Kirana sendiri memiliki arti harapan bagi perempuan.

Sementara Kawung Manis mewakili harapan atas sebuah kebijaksanaan, sikap selalu rendah hati dan ingat pada peluhur.

Motif Sawunggaling juga punya arti khusus. Sawung adalah ayam jantan yang berarti simbol sebuah kekuatan. Sedangkan Galing adalah merak, melambangkan pemimpin yang penuh kasih sayang.

Sementara warna hitam dan putih pada motif kedua melambangkan kopi pecah sebagai simbol harapan seorang pemimpin yang mampu mempertahankan keseimbangan pribadi yang kuat dan baik hati.

"Kami melihat kolaborasi ini menjadi sesuatu yang selaras," kata Widharmika.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com