Kompas.com - 02/10/2018, 13:40 WIB
Barbie Batik Kirana dengan motif Sawunggaling Latar Kopi Pecah hasil kolaborasi Barbie dengan Iwan Tirta Private Collection. KOMPAS.com/Nabilla TashandraBarbie Batik Kirana dengan motif Sawunggaling Latar Kopi Pecah hasil kolaborasi Barbie dengan Iwan Tirta Private Collection.

JAKARTA, KOMPAS.com - Bertepatan dengan perayaan Hari Batik Nasional, Barbie meluncurkan koleksi terbaru hasil kolaborasi dengan Iwan Tirta Private Collection, yakni koleksi Barbie Batik Kirana.

Kolaborasi ini merupakan kali pertamanya bagi Barbie berkolaborasi dengan desainer lokal menggunakan kain identitas negeri.

Vice President dan General Manager Mattel Indonesia, Roy Tandean berharap koleksi Barbie Batik Kirana bisa menginspirasi generasi penerus sekaligus bagian dari melestarikan batik.

Barbie Batik Kirana dengan motif Kawung Manis hasil kolaborasi Barbie dengan Iwan Tirta Private Collection.KOMPAS.com/Nabilla Tashandra Barbie Batik Kirana dengan motif Kawung Manis hasil kolaborasi Barbie dengan Iwan Tirta Private Collection.
"Barbie adalah ikon global. Untuk akhirnya bisa mencitakan barbie dengan pakaian batik khas adalah mimpi yang menjadi kenyataan," katanya dalam peluncuran koleksi Barbie Batik Kirana di Plaza Indonesia, Jakarta, Selasa (2/10/2018).

Sementara itu, CEO Iwan Tirta Private Collection, Widharmika Agung mengatakan, kolaborasi dengan Barbie bisa menjadi jembatan untuk semakin memperkenalkan batik kepada kalangan muda. 

Ia berharap, langkah ini bisa menginspirasi anak-anak Indonesia untuk terus melestarikan budaya Indonesia.


Koleksi Barbie Batik Kirana memperkenalkan dua motif berbeda, yakni Kawung Manis dan Sawunggaling Latar Kopi Pecah".

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kirana sendiri memiliki arti harapan bagi perempuan.

Sementara Kawung Manis mewakili harapan atas sebuah kebijaksanaan, sikap selalu rendah hati dan ingat pada peluhur.

Motif Sawunggaling juga punya arti khusus. Sawung adalah ayam jantan yang berarti simbol sebuah kekuatan. Sedangkan Galing adalah merak, melambangkan pemimpin yang penuh kasih sayang.

Sementara warna hitam dan putih pada motif kedua melambangkan kopi pecah sebagai simbol harapan seorang pemimpin yang mampu mempertahankan keseimbangan pribadi yang kuat dan baik hati.

"Kami melihat kolaborasi ini menjadi sesuatu yang selaras," kata Widharmika.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.