Mengapa Beauty Vlogger Harus Berikan Review yang Jujur?

Kompas.com - 03/10/2018, 12:12 WIB
Beauty vlogger Fatya Biya KOMPAS.com/KAHFI DIRGA CAHYABeauty vlogger Fatya Biya
|
Editor Wisnubrata

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjadi beauty vlogger kini menjadi hal yang umum di kalangan perempuan. Berbekal produk, kamera dan pengetahuan soal kecantikan—konten pun siap disiarkan ke publik.

Tapi, apakah cukup demikian? 

Salah satu content creator kecantikan, Fatya Biya, mengungkapkan bahwa tidak cukup kemampuan, seorang beauty vlogger juga harus memiliki sikap yang jujur agar tidak menyesatkan pengikutnya.

Kejujuran saat memaparkan produk atau honest review merupakan salah satu keharusan dalam membuat konten. Berbekal kejujuran soal produk tersebut, biasanya respon orang yang melihat pun akan positif.

Ia mencontohkan salah satu karakteristik dari konten kreatif kecantikan yang ia buat—honest review. Penilaian itu, kata Fatya, berasal dari orang-orang yang melihat kontennya.

Ia menceritakan pengalaman review produk kecantikan yang ternyata tidak sesuai ekspektasi pada review di beauty vlogger lain.  

“Kalau ada yang endorse pun, aku selalu bilang, aku akan honest review, gak bisa titip gimana-gimana, sudah ada SOP-nya gitu lah,” ujar Fatya, Jakarta, Selasa (2/10/2018).

Selain itu, menurut beauty vlogger yang sehari-hari bekerja ini, adalah penting untuk menjadi diri sendiri. Sebab, penonton saat ini sudah mulai pintar membedakan konten berisi review fake dan jujur. 

Jika sudah berkomitmen untuk menjadi content creator, menurut Fatya, maka harus tetap konsisten dan memiliki ide-ide baru. 

“Harus up to date. Semisal ada produk baru, maka harus cepat-cepat review,” saran Fatya.

Penting juga untuk tetap terkoneksi dengan beauty vlogger lain. Sebab, bergabung dengan komunitas yang memiliki satu hobi bisa menjadi sumber inspirasi.

“Aku enggak lihat beauty vlogger lain sebagai saingan, melainkan komunitas. Kita biasa ngobrol soal perkembangan make up terbaru,” katanya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X