Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/10/2018, 07:49 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber

KOMPAS.com - Meski lebih populer di kalangan orang awam dengan sebutan “operasi plastik”, sebetulnya prosedur ini adalah bagian dari ilmu kedokteran bedah.

Kata “plastik” dalam “operasi plastik” berasal dari bahasa Yunani “plastikos” yang artinya membentuk. Jadi, plastik di sini tidak berarti bahwa operasi plastik menggunakan bahan dasar plastik.

Sekarang ini operasi plastik sudah menjadi tren, namun banyak orang yang tidak menyadari kalau operasi ini sebenarnya sudah berkembang lama sejak berabad-abad kehidupan manusia di bumi.

Pada abad ke 19 dan 20, bedah plastik sudah menjadi praktik yang umum. Dimulai oleh seorang dokter bedah plastik pertama di Amerika yaitu dr. John Peter Mettauer dengan melakukan pembedahan pada langit-langit mulut sumbing.

Kontribusinya memang cukup besar, namun yang dianggap Bapak Operasi Plastik Modern adalah Sir Harold Gillies karena beliau berhasil mengembangkan berbagai teknik lain dalam operasi plastik.

Baca juga: Jenis Operasi Plastik yang Semakin Diminati Pria

Dua jenis bedah plastik

Jenis bedah plastik secara umum dibagi dua jenis berdasarkan tujuan pembedahan itu sendiri, yakni pembedahan untuk rekonstruksi dan pembedahan untuk estetik.

Bedah estetik ditujukan pada pasien-pasien normal dan sehat, namun merasa bentuk tubuh yang dimiliki kurang baik atau harmonis.

Contohnya mempunyai hidung yang kurang mancung, ingin melebarkan kelopak mata, memperbesar/memperkecil payudara, memperbesar/memperkecil pantat, liposuction alias membuang lemak di perut, dan sebagainya.

Banyak orang berharap dengan adanya bedah plastik ini mereka bisa mendapatkan bentuk tubuh yang mendekati sempurna.

Baca juga: Setelah Operasi Plastik Wajah Pasti Bengkak

5 alasan melakukan operasi plastik

ilustrasi bedah plastikDragonImages ilustrasi bedah plastik
Zaman semakin berkembang, kita semakin dapat bisa merasakan dampak kemajuan ini dalam teknologi kedokteran, salah satunya dalam bedah plastik. Lalu kapan saja biasanya bedah plastik dirasa perlu lakukan?

Menurut dr Gwendy Aniko, SpBP-RE (spesialis bedah plastik dan rekonstruksi) seperti dikutip HelloSehat, alasan orang melakukan bedah plastik antara lain:

1. Perbaikan penampilan

Terkadang beberapa orang lahir dengan kondisi cacat bawaan tertentu sementara beberapa orang mungkin mengalami kondisi cacat setelah kecelakaan, trauma, ataupun masalah medis lainnya. Operasi plastik dapat mengatasi masalah ini dengan tujuan rekonstruksi.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com