Kompas.com - 04/10/2018, 09:19 WIB
Ilustrasi operasi plastik DragonImagesIlustrasi operasi plastik
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Seperti yang sudah kita ketahui, operasi plastik dapat mengubah “ketidaksempurnaan” fisik menjadi sesuatu yang lebih baik.

Bagi sebagian kalangan, bedah plastik estetik sudah menjadi gaya hidup. Bahkan tidak segan-segan mereka menjalani tindakan tersebut lebih dari satu kali.

Lantas apakah bedah plastik estetik memang dapat membuat orang “ketagihan” untuk terus mencobanya?

Sejatinya, bukan tindakan bedah plastik estetik yang membuat ketagihan. Namun, umumnya orang yang berkali-kali melakukan operasi bedah plastik hanya ingin menambah harmonisasi di wajahnya yang sudah sedikit berubah akibat operasi plastik.

Misalnya, seseorang melakukan operasi hidung untuk menjadi lebih mancung, namun setelah itu dia mulai merasa bibirnya kurang harmonis dengan hidungnya yang sudah mancung. Akhirnya dia juga melakukan operasi bibir.

Baca juga: 5 Alasan Banyak Orang Melakukan Operasi Plastik

Faktor lain yang mempengaruhi keinginan orang untuk melakukan bedah plastik estetik adalah kenyamanannya. Kebanyakan orang umumnya takut menjalani operasi bedah untuk pertama kali.

Namun, ketika prosedur operasi plastik yang dirasakan ternyata jauh dari rasa sakit, orang cenderung untuk mengulanginya lagi.

Selain itu, keinginan orang untuk kembali memilih melakukan operasi plastik adalah keberhasilan mengubah bentuk tubuhnya mendapatkan hasil yang memuaskan dan penampilan yang jauh lebih muda.

Waspada body dismorphic disorder atau gangguan penafsiran tubuh

Ilustrasi perempuan berkacaKatarzynaBialasiewicz Ilustrasi perempuan berkaca
Menurut dr Gwendy Aniko, SpBP-RE (spesialis bedah plastik dan rekonstruksi), kendati boleh dilakukan berkali-kali, namun wawancara secara mendalam disertai konsultasi penting untuk dilakukan sebelum dokter melakukan bedah plastik estetik. Pasalnya, tidak selalu alasan pasien melakukan tindakan itu masuk akal.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.