Berbuat Baik dan Tetap Aktif, Ini Berbagai Resep Umur Panjang...

Kompas.com - 04/10/2018, 12:45 WIB
Ilustrasi orang tua HalfpointIlustrasi orang tua

KOMPAS.com — Kunci untuk hidup bahagia dan berumur panjang rupanya bukan hal yang sulit.

A Place For Mom, perusahaan penyedia perawat untuk orang berusia lanjut yang berbasis di Seattle, telah memaparkan cara menjalani hidup agar bahagia dan berumur panjang.

Perusahaan tersebut mewawancarai 100 orang yang hidup setidaknya sampai berusia 100 tahun.

Hasil riset menemukan sebanyak 25 persen peserta yang mengikuti saran hidup sehat tradisional, seperti mempraktikkan pola makan sehat.

Sementara itu, 29 persen lainnya memilih untuk mengabaikannya. Misalnya, peserta riset yang bernama Agnes Fenton.

Ia mengonsumsi tiga gelas bir dan wiski setiap hari sampai ia berusia 112 tahun. Fenton meninggal pada Agustus 2017.

Faktanya, sekitar 16 persen orang yang hidup hingga usia 100 tahun minum alkohol setiap hari sebagai resep umur panjangnya.

Apa yang ditemukan dalam penelitian ini sesuai dengan hasil riset sebelumnya, yang menyatakan pengunaan alkohol moderat, yaitu dua gelas anggur atau bir setiap hari, dikaitkan dengan umur panjang.

Baca juga: Ingin Umur Panjang dan Bahagia? Terapkan 5 Kebiasaan Ini...

Selain mengonsumsi alkohol, riset dari perusahaan tersebut juga menemukan 10 kebiasaan yang sering dilakukan oleh mereka yang mampu hidup hingga usia 100 tahun.

  • 29 persen menolak saran diet tradisional
  • 25 persen mengonsumsi makanan sehat
  • 22 persen tetap aktif sampai tua
  • 18 persen mengadopsi sikap positif
  • 16 persen mengonsumsi alkohol secara teratur
  • 12 persen menghindari merokok atau minum
  • 10 persen memupuk hubungan dekat
  • 8 persen cukup tidur
  • 9 persen berperilaku baik
  • 9 persen mendekatkan diri kepada yang Maha Kuasa.

Leandra Becerra Lumbreras, salah satu peserta riset yang meninggal pada usia 127 tahun, menyakini umur panjangnya berkat makan banyak cokelat dan tidak pernah menikah.

Besse Cooper, yang hidup sampai 116 tahun, mengatakan tidak ikut campur urusan orang lain dan tidak makan junk food adalah kunci untuk hidup sampai usia 100 tahun.

Pria tertua di dunia, Masazo Nonaka, mengaku makan banyak kue dan berendam di beberapa sumber air panas adalah kunci panjang umur.

Tapi, semua tips yang diberikan oleh peserta riset di atas tidak didasari ilmu medis. Oleh karena itu, kita harus bijak dalam menyikapinya dan tidak menelannya  mentah-mentah.

Namun, ada strategi yang terbukti secara ilmiah untuk membantu kita hidup lebih lama, yaitu berhenti merokok, olahraga, menjaga berat badan yang sehat, makan banyak sayuran, dan hindari minuman keras.



Sumber menshealth
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X