Pesimisme Kunci Sukses dalam Wirausaha, Percaya?

Kompas.com - 05/10/2018, 10:06 WIB
Ilustrasi seorang wanita yang sedang pesimis nipastockIlustrasi seorang wanita yang sedang pesimis

KOMPAS.com - Disiplin, semangat, dan dedikasi adalah hal mutlak yang diperlukan untuk mencapai kesuksesan.

Namun, riset terbaru mengungkapkan rahasia untuk menjadi pribadi yang sukses -khususnya bagi mereka yang berkecimpung dalam bidang wirausaha atau entrepreneur.

Riset yang diterbitkan dalam Jurnal European Economic Review, menemukan, sikap optimisme menyebabkan orang-orang rentan mengalami kegagalan karena tujuan yang tak realistis.

Nah, mereka yang memiliki sikap pesimisme justru mengalami hal yang sebaliknya.

Temuan ini dapat membantu menjelaskan mengapa hanya 50 persen dari pebisnis di Inggris yang bertahan selama lima tahun pertama.

Baca juga: Tips Membesarkan Anak Menjadi Seorang yang Optimistis

Dalam riset ini, peneliti memeriksa data dari British Household Panel Study yang melakukan penelitian selama 18 tahun.

Peserta dalam riset tersebut berjumlah 618 dengan profesi wiraswasta. Mereka diminta meramalkan pendapatan untuk tahun berikutnya, dan membandingkannya dengan penghasilan sebenarnya.

Prediksi peserta dibuat sebelum mereka menjadi wiraswasta, atau saat masih menjadi karyawan, dan belum memasuki dunia kewirausahaan.

Dengan mengukur kesenjangan rata-rata antara perkiraan dan realisasi, peneliti mengukur tingkat optimisme peserta.

Mereka menemukan responden yang pesimistis alias yang perkiraannya tidak sesuai dengan realisasi, memperoleh 30 persen lebih banyak daripada mereka yang optimistis.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X