Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/10/2018, 15:00 WIB
Ariska Puspita Anggraini,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Manfaat diet mediterania telah lama menjadi perhatia para ahli. Bahkan, beberapa ahli mengklaim pola diet ini dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

Sayangnya, sampai saat ini belum ada riset yang meneliti bagaimana pola diet tertentu dapat mempengaruhi kesehatan pria dan wanita secara keseluruhan.

Riset terbaru yang dilakukan oleh peneliti di University of East Anglia menyimpulkan, wanita yang mengikuti pola diet mediterania rendah risikonya untuk terkena stroke, dibandingkan pria.

Riset yang dipublikasikan dalam Jurnal American Heart Association ini membuktikan wanita berusia setidaknya 40 tahun dapat mengurangi risiko stroke hingga lebih dari seperlima berkat diet mediterania.

Uniknya, hal ini tak berlaku pada pria yang juga mengikuti pola diet serupa.

Baca juga: Tak Hanya Menurunkan Berat Badan, Ini Manfaat Lain Diet Mediterania...

Atas temuan ini, Ailsa Welch -salah satu periset, menyarankan agar wanita mengurangi risiko stroke dengan mengikuti diet mediterania.

Menurut dia, sebaiknya wanita mengikuti diet ini secara konsisten dibandingkan hanya mengonsumsi berbagai komponen diet secara terpisah.

Jadi, jenis makanan apa yang harus dikonsumsi wanita untuk menurunkan risiko stroke?

Diet mediterania terinspirasi dari makanan yang biasa dikonsumsi oleh penduduk Spanyol, Italia, dan Yunani.

Pola makan ini terdiri dari berbagai buah-buahan dan sayuran, banyak ikan, sejumlah produk susu dan daging dalam porsi kecil yang bersumber dari hewan selain ikan.

Makanan khusus yang membentuk diet mediterania dapat bervariasi sesuai dengan budaya dan etnis yang berbeda.

Namun, komponen yang menentukan diet pada dasarnya cenderung sama. Victoria Taylor, ahli diet senior di British Heart Foundation, menekankan pada konsumsi lemak sehat.

"Diet khas Mediterania termasuk mengonsumsi banyak sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, sereal dan produk sereal, seperti roti gandum, pasta dan beras merah," kata dia.

Ia menambahkan, pola diet ini juga menyarankan konsumsi ikan daging putih, dan beberapa produk susu dalam jumlah sedang.

Ini adalah kombinasi dari semua elemen yang tampaknya membawa manfaat kesehatan. Tapi, salah satu aspek utamanya adalah konsumsi lemak sehat.

Baca juga: Diet Mediterania Juga Mampu Mengusir Depresi, Benarkah?

"Minyak zaitun, yang merupakan lemak tak jenuh tunggal, paling sering dikaitkan dengan diet mediterania, tetapi lemak tak jenuh ganda terdapat pada kacang, biji dan minyak ikan," ucapnya.

Banyak orang percaya mengonsumsi banyak lemak dapat merugikan bagi kesehatan dalam jangka panjang.

Namun, mengonsumsi jenis lemak yang tepat dalam jumlah yang wajar juga memberikan tubuh dan otak bahan bakar yang cukup.

Hal yang harus diingat, riset ini dilakukan pada 23.232 peserta yang didominasi warga kulit putih. Hasil riset ini itu hasilnya dapat bervariasi untuk etnis yang berbeda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com