Kompas.com - 06/10/2018, 10:12 WIB
. Getty Images/iStockphoto.

JAKARTA, KOMPAS.com — Ketika menjalani program penurunan berat badan, kamu pasti akan sangat senang ketika angka timbangan turun meskipun jumlahnya hanya sekitar 4,5 kilogram.

Jumlah tersebut mungkin tergolong sangat kecil. Meski begitu, kamu sudah bisa mendapatkan sejumlah manfaat kesehatan dari berkurangnya berat badan yang sekecil itu.

Salah satunya adalah menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah, serta sangat membantu bagi mereka yang mengalami obesitas atau kelebihan berat badan.

Lembaga National Heart, Lung and Blood Institute menyebut, kehilangan sekitar 5-10 persen berat badan dalam enam bulan akan menurunkan risiko penyakit jantung dan penyakit terkait jantung lainnya. Misalnya, aterosklerosis, stroke, serangan jantung, dan gagal jantung.

Baca juga: Berat Badan Yo-Yo Berdampak Buruk bagi Jantung

Nah, mari kita lihat lebih rinci apa saja manfaat kesehatan yang kamu dapatkan setelah menurunkan berat badan meski hanya 4,5 kilogram.

1. Risiko diabetes menurun

Mereka dengan berat badan lebih berat 4,5-9 kilogram saja sudah memiliki risiko diabetes tipe dua yang lebih tinggi ketimbang mereka yang punya berat badan sehat.

Ketika berat badan tersebut terpangkas, tidak hanya kadar gula darah yng menurun, tapi juga kemampuan tubuh untuk meregulasi level insulin.

2. Meningkatkan kesehatan jantung

Kehilangan berat badan berdampak pada kondisi kesehatan jantung.

Halaman:


Sumber Boldsky
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X