Kompas.com - 07/10/2018, 18:27 WIB
Ilustrasi pria berjerawat yanyongIlustrasi pria berjerawat
|
Editor Wisnubrata

JAKARTA, KOMPAS.com - Selama ini kita sering diberi tahu kalau salah satu penyebab jerawat adalah kulit berminyak. Namun, di luar kondisi tersebut, kulit kering pun bisa berefek timbulnya jerawat.

Menurut dr Dewi Hasanah SpKK, risiko jerawat pada kulit kering bukanlah hal yang mustahil. Saat kulit kering, kadar air tubuh menjadi sedikit. 

"Kondisi seperti itu (memaksa) tubuh menghasilkan minyak lebih untuk melumasi kulit yang memiliki kadar air sedikit," ujar Dewi saat acara Wardah, Jakarta, Minggu (7/10/2018).

Hasilnya, lanjut Dewi, akan muncul komedo, yang merupakan cikal bakal dari jerawat. Belum lagi kulit kering mudah iritasi dan radang. 

Ditambah dengan kemunculan komedo, kemudian akan menjadi radang, dan berujung jerawat.

"Itu lah kenapa orang dengan kulit kering pun bisa berjerawat," katanya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Intinya, penyebab jerawat kan ada produksi minyak berlebih. Minyaknya enggak bisa keluar karena ada sumbatan sel kulit mati kita yang menumpuk. Lalu kedua hal tersbeut jadi komedo, yang kemudian menjadi jerawat kalau ada peradangan."

Dewi melanjutkan, jika menemukan kondisi tersebut, langkah yang tepat adalah dengan direhidrasi.

Minum air putih yang cukup, kemudian kenakan pelembap. Fungsinya agar kulit kembali terhidrasi, lalu produksi minyak tidak akan berlebih. 



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.