Kompas.com - 08/10/2018, 08:56 WIB
Melania Trump saat berkunjung ke Taman Nasional Nairobi, Kenya Melania Trump saat berkunjung ke Taman Nasional Nairobi, Kenya

KOMPAS.com - Melania Trump mendapat kritikan di sosial media karena memakai helm putih saat berkunjung ke Afrika.

First Lady Amerika ini mengunjungi Afrika sebagai bagian dari perjalanan solo Internasional pertamanya semenjak sang suami, Donald Trump menjabat sebagai presiden.

Sabtu (7/10/2018) ia mengunjungi taman nasional Nairobi Kenya, dan tertangkap kamera sendang memberi makan bayi gajah. Namun, kali ini busana yang dipakai Melania menuai kritik tajam.

Pada momen tersebut, ia memakai celana panjang warna cokelat, sepatu bot setinggi lutut dan kemeja putih lengkap dengan helm empulur.

Helm tersebut nampaknya menjadi sumber masalah karena dianggap berhubungan dengan kolonialisme.

Banyak orang di mesia sosial menganggap helm tersebut merupakan simbol pemerintahan kolonial.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Helm empulur yang Anda bawa itu digunakan oleh penjajah selama masa suram. Tidak cocok dengan kita orang Afrika. Siapa yang menyarankan Anda memakainya?" tulis salah satu pengguna twitter.

Bahkan, pengguna media sosial mengatakan pilihan busana Melania kali ini nampak konyol dan menunjukan pemahamanya tentang Afrika yang kurang baik.

Helm empulur sering dipakai oleh wisatawan Eropa dan penjelajah daerah-daerah seperti Afrika, Asia Tenggara dan daerah tropis di akhir abad ke-19.

Elliot Ross, seorang kandidat doktor di Universitas Columbia, menjelaskan simbol yang sringkali melekat pada helm empulur.

Baca juga: Berkunjung ke Malawi, Melania Trump Alami Kecelakaan Fesyen

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.