Kompas.com - 08/10/2018, 12:39 WIB
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - “Semua salahmu! Kalau kamu mengikuti kata-kataku, pasti ini nggak akan terjadi.”

Pernahkah kamu mendengar kata-kata itu dari pasangan? Apakah pasanganmu selalu mencari kambing hitam atas masalah yang terjadi?

Punya pasangan yang selalu merasa benar seperti itu tentu membuat kesal dan frustrasi. Kamu sering disudutkan dan selalu berada di pihak yang bersalah atas semua konflik yang terjadi dalam hubungan kalian. Padahal, bisa jadi kamu yang benar dan pasangan yang salah.

Sesekali mengalah sebetulnya tidak masalah demi menyelamatkan hubungan. Akan tetapi, kalau sudah berulang kali, baiknya jangan lagi tinggal diam dan segera ambil tindakan.

Tanda pasangan obsesif kompulsif (OCD)

Orang yang sering menyalahkan orang lain umumnya memiliki ego yang tinggi. Pasalnya, ia sering kali ngotot saat mengungkapkan argumennya dan berusaha meyakinkan orang lain supaya satu pemikiran dengannya.

Namun, seorang terapis bernama Karyl McBride, Ph.D., justru memberikan pandangan yang berbeda. Ia mengungkapkan kepada Men’s Health bahwa orang yang merasa selalu benar bisa jadi memiliki ego yang lemah alias rapuh. Mengapa demikian?

Saat harga dirinya terancam, ia akan kelabakan, panik, dan ingin terlihat lebih kuat dibandingkan lawannya. Akibatnya, ia cenderung menyalahkan orang lain supaya dirinya tampak lebih unggul dan tidak terlihat lemah di depan lawannya.

Baca juga: 6 Tanda Seseorang Memiliki Gangguan Obsesif Kompulsif

Hal ini juga diperkuat sebuah penelitian yang dilakukan oleh Marta Krajniak dan Fairleigh Dickinson baru-baru ini. Mereka menemukan bahwa mahasiswa yang memiliki kecerdasan emosional yang rendah cenderung mengalami gangguan kepribadian berupa kesulitan untuk meredam egonya.

Jadi singkatnya, hal ini dilakukan sebagai upaya untuk menutupi diri dari rasa tidak aman. Itulah sebabnya, pasangan yang selalu benar akan menekan terus-terusan supaya kamu jadi tidak percaya diri dan mengikuti semua kemauannya.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.