Kompas.com - 08/10/2018, 19:22 WIB
Editor Wisnubrata

Punya pipi tembem sering dipandang sebagai hal yang menggemaskan. Namun, banyak orang – terutama perempuan – justru jadi tidak percaya diri dan ingin memiliki pipi tirus. Pasalnya, pipi tembam lebih sering dihubungkan dengan naiknya berat badan.

Bagi kamu yang mengalaminya, jangan cemas dulu. Kamu dapat mengecilkan pipi tembem secara alami dan medis lewat beberapa pilihan berikut ini.

Bagaimana cara mengecilkan pipi tembem secara alami?

Mengecilkan pipi tembem lewat cara yang alami sebetulnya bukanlah hal yang mustahil. Hanya saja, ini membutuhkan proses yang lebih lama alias tidak instan. Kamu juga harus melakukannya secara konsisten supaya hasilnya lebih efektif.

Berbagai cara alami yang dapat mengecilkan pipi tembem di antaranya:

1. Senam wajah

Ingin punya pipi tirus? Coba lakukan senam wajah sesering mungkin. Baik saat bangun tidur, bersantai, pulang sekolah atau kerja, hingga menjelang tidur.

Sebuah penelitian yang diterbitkan pada jurnal American Society for Aesthetic Plastic Surgery mengungkapkan bahwa senam wajah yang dilakukan 2 kali sehari selama 8 minggu dapat membantu meningkatkan ketebalan otot dan peremajaan di wajah. Dengan kata lain, ini akan berdampak pada pipi yang tampak lebih tirus dan awet muda.

Ada banyak jenis senam wajah yang bisa dilakukan, di antaranya:

  • Wajah ikan: mengempotkan kedua pipi ke dalam mulut dan tahan selama satu menit. Lalu ulangi sebanyak delapan kali untuk hasil yang optimal.
  • Mulut kembung: isi mulut dengan udara, lalu tekan udara ke pipi kanan, pipi kiri, atas bibir, dan dagu. Lakukan masing-masing satu menit.
  • Latihan senyum: Senyum selebar mungkin dengan bibir terkatup selama beberapa saat, lalu kembalikan ke posisi semula.

Baca juga: Membentuk Wajah Tirus Tanpa Operasi

2. Atur pola makan dan rutin olahraga

Halaman:


Video Pilihan

Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.