Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bayangan Monas Bakal Hilang Selama 3 Hari, Saksikan Fenomenanya

Kompas.com - 09/10/2018, 09:13 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis

KOMPAS.com — Bagi warga Jakarta, ke Monas-lah siang ini atau besok atau lusa. Anda akan melihat pemandangan yang tak biasa. Keajaiban alam akan membuat bayangan Monas hilang untuk sekejap.

Astronom amatir Marufin Sudibyo mengatakan, bayangan bangunan ikonik Jakarta tersebut akan hilang selama kurang lebih 2 menit.

"Akan terjadi mulai 2 menit sebelum dhuzur," kata Marufin saat dihubungi Kompas.com, Selasa (9/10/2018). "Berlangsung 3 menit dari 11.39 sampai 11.41."

Banyak dipublikasikan bahwa fenomena itu hanya bisa dilihat di Jakarta hari ini saja. Namun, menurut Marufin, publik bisa menikmati fenomena itu selama 3 hari mulai hari ini hingga 11 Oktober 2018 mendatang.

Baca juga: Inilah Tempat Terdingin di Alam Semesta, Kutub Tak Ada Apa-apanya

Kepada Kompas.com sebelumnya, AR Sugeng Riyadi, Kepala Pusat Astronomi Assalaam, mengatakan, fenomena tersebut terjadi karena posisi matahari berada tepat di atas suatu wilayah.

"Fenomena tersebut tidak terjadi pada hari yang sama, tergantung dengan posisi lintangnya, dan berdasar perhitungan pergeseran Matahari, fenomena tersebut terjadi dua kali dalam setahun," kata AR. Sugeng.

Saat fenomena itu terjadi, bayangan sebenarnya tidak hilang tetapi jatuh tepat di atas bendanya. Jadi manusia tak bisa melihatnya.

Fenomena itu terjadi dua kali dalam setahun. Untuk wilayah khatulistiwa seperti Pontianak, itu akan terjadi setiap tanggal 21 Maret dan 23 September setiap tahunnya.

Untuk Jakarta, harus dihitung lagi. Karenanya, jangan lewatkan untuk menikmati fenomena ini. Bukan hanya bayangan Monas yang hilang, tetapi juga bayangan Anda sendiri.

Baca juga: Bersatunya Kembali Semua Daratan di Bumi adalah Keniscayaan Ilmiah


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com