Tak Perlu Waktu Lama, Olahraga Singkat Mampu Menambah Kekuatan Tubuh

Kompas.com - 09/10/2018, 19:18 WIB
Ilustrasi olahraga mengangkat beban BartekSzewczykIlustrasi olahraga mengangkat beban

KOMPAS.com - Selama beberapa dekade, banyak atlet endurance (ketahanan) - misalnya pelari - menghindari angkat beban karena takut mendapatkan massa otot yang tak diinginkan dan membebani mereka saat berlari.

Kini, riset terbaru menunjukan latihan ketahanan yang dilakukan dengan cara yang tepat dan dalam waktu singkat ternyata justru bisa menambah kekuatan tubuh.

Riset membuktikan, kita bisa memperoleh kekuatan tubuh hanya dengan melakukan latihan ketahanan dalam waktu singkat, atau hanya 13 menit dalam satu sesi, dibandingkan dengan berlari sejauh 1,5 kilometer.

Riset dipimpin oleh peneliti dari CUNY Lehman College, AS, dengan tujuan untuk mengetahui dampak berbagai kombinasi dan pengulangan berbagai jenis olahraga terhadap kekuatan otot, daya tahan, dan hipertrofi atau seberapa besar otot manusia akan tumbuh.

Baca juga: Berapa Lama Waktu yang Dibutuhkan untuk Membentuk Otot?

Setelah melakukan pengukuran awal, periset membagi 34 pria yang melakukan olahraga ketahanan atau resistensi menjadi tiga kelompok.

Periset kemudian meminta mereka melakukan latihan rutin, yang mencakup delapan hingga 12 repetisi dari tujuh latihan tubuh bagian atas dan bawah.

Satu kelompok melakukan lima set setiap olahraga, yang diselingi sekitar 90 detik istirahat.

Olahraga juga dilakukan dengan volume tinggi itu membuat mereka harus berada di gym lebih dari satu jam.

Baca juga: 7 Langkah Latihan Kekuatan Otot bagi Pemula

Sementara itu, kelompok kedua melakukan olahraga dengan volume sedang dalam tiga set setiap latihan, yang memakan waktu sekitar 40 menit.

Kelompok terakhir melakukan olahraga dengan volume rendah, di mana mereka hanya melakukan satu set latihan yang hanya memerlukan waktu 13 menit.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X