5 Tips Sukses Memulai Olahraga Rutin - Kompas.com

5 Tips Sukses Memulai Olahraga Rutin

Kompas.com - 10/10/2018, 09:29 WIB
Ilustrasi olahraga pagiDragonImages Ilustrasi olahraga pagi

KOMPAS.com - Banyak orang ingin olahraga namun bingung bagaimana harus memulainya. pelatih olahraga yang juga Direktur Player Performance and Wellness klub lacrosse FC UNITED dan Team ONE, Taylor Hynes berbagi tipsnya.

Menurutnya, ada dua pertanyaan yang harus bisa kamu jawab ketika mau memulai olahraga rutin.

"Identifikasi, mengapa memulai olahraga penting bagimu. Kata "mengapa" tersebut akan menguatkanmu ketika di tengah jalan kamu merasa malas dalam menjalankan rutinitas tersebut," kata Hynes.

Selain itu, kamu juga harus memiliki jawaban atas pertanyaan: apa arti kebugaran menurutmu?

Banyak orang mendeskripsikan target mereka ketika diberi pertanyaan ini. Namun, ketimbang melakukan hal itu, lebih baik berilah rincian tentang apa yang kamu pahami tentang kebugaran sehingga kamu bisa menuliskan langkah-langkah untuk mencapainya.

Baca juga: 7 Tanda Anda Tidak Bugar

Menurutnya, banyak orang merasa terintimidasi untuk meningkatkan kebugaran mereka karena persepsi "sehat" yang mereka buat cenderung tak realistis.

Pahamilah bahwa kebugaran bukanlah tampilan fisik, namun perilaku. Kebugaran bukanlah tren, namun serangkaian pilihan untuk membuat hidup kita lebih sehat dan seimbang.

Nah, setelah menjawab dua pertanyaan tersebut kamu sudah bisa mengimplementasikannya pada rutinitas harianmu.

Hynes memberikan sejumlah tips agar kamu bisa sukses menjalankan rutinitas olahraga.

1. Olahraga harus merefleksikan tujuan kita

Ilustrasi tubuh idealGearstd Ilustrasi tubuh ideal
Arti kebugaran berbeda bagi setiap orang, sehingga kita perlu melakukan olahraga secara spesifik sesuai kebutuhan.

Misalnya, jika mengejar kesehatan kardiovaskular, maka kamu harus meningkatkan skill seperti lari, jalan kaki, memanjat, bersepeda, atau berenang. Selain itu, olahraga tersebut harus melibatkan durasi yang lama dengan kesempatan istirahat yang singkat.

Namun, jika kamu ingin membentuk badan atau mengubah gerak tubuh, kamu mungkin lebih tepat memilih latihan beban atau latihan kekuatan.

Sebab, kamu harus membangun otot jika ingin tubuhmu terbentuk.

"Olahraga berbasis kekuatan dan repetisi akan memaksa tubuh untuk membangun otot dan menyebabkan tubuh menjadi lebih ramping dan atletis," kata Hynes.

Baca juga: Cara Memilih Jenis Olahraga yang Cocok

2. Makan dengan tujuan tertentu

Ilustrasi pria dan makanan sehatFS-Stock Ilustrasi pria dan makanan sehat
Nutrisi cukup diperlukan ketika kita mau memiliki tubuh yang sehat. Namun, kita harus mengkonsumsi makanan sehat dengan intensi atau maksud tertentu.

Hal ini akan membuat kita lebih memilih makanan yang akan kita makan sesuai dengan kebutuhan harian. Namun, pastikan kamu memenuhi semua nutrisi yang diperlukan tubuh.

"Konsumsilah makanan yang beragam setiap harinya," kata dia.

Hynes juga menganjurkan untuk berhenti mengkonsumsi alkohol dan mengontrol atau mengurangi asupan gula.

Baca juga: Cara Gampang Mengikuti Pola Makan Sehat Seimbang

3. Luangkan waktu untuk olahraga

Ilustrasi joggingDragonImages Ilustrasi jogging
Ketika kamu sudah memikirkan tentang pentingnya olahraga dan konsumsi makanan sehat, kamu mungkin masih terganjal waktu ketika mau menjalankan olahraga rutin.

Namun, ketika kamu sudah berkomitmen, kamu seharusnya akan meluangkan waktumu untuk berolahraga.

"Jika kamu merasa tidak punya waktu untuk memulainya, itu karena kamu tidak berusaha meluangkan waktumu dan menganggap olahraga bukan prioritas," kata Hynes.

Penting untuk mengatur jadwal pada dua atau tiga minggu pertama sehingga otak kita mulai memahaminya sebagai prioritas hidup.

Kamu juga harus memahami bahwa kebugaran tak akan dicapai hanya dalam waktu semalam, melainkan dalam jangka panjang.

Baca juga: Tips Mulai Aktif Bagi yang Tak Pernah Olahraga

4. Lakukan persiapan agar tetap aman

Ilustrasi sepatu larib2dare Ilustrasi sepatu lari
Daripada terlalu banyak memikirkan bagaimana meluangkan waktu untuk pergi berolahraga, lebih baik kamu langsung melakukannya.

Meski semangat dan motivasi adalah komponen kunci untuk memulai rutinitas kebugaran, penting pula untuk memastikan kita melakukan olahraga secara aman.

"Jika berencana memulai olahraga di pusat kebugaran atau lari, pastikan menggunakan alas kaki yang tepat dan aman untuk tubuh," kata Hynes.

Ketika berolahraga, kita juga perlu melakukan persiapan. Lakukan pemanasan terlebih dahulu sekitar 15 menit dan jangan lupa melakukan pendinginan setelah berolahraga dengan beberapa gerakan untuk meredakan ketegangan otot.

Baca juga: Baru Memulai Olahraga Lari? Ikuti 5 Tahapan Ini

5. Selalu ingat titik awal

Ilustrasi olahragawarrengoldswain Ilustrasi olahraga
Ketika sudah melaksanakan sebuah rutinitas olahraga, mungkin akan ada hari dimana kamu merasa kurang malas. Ketika momentum itu tiba, ingatlah apa yang membuatmu memulai rutinitas olahraga tersebut.

"Selalu kembali ke pertanyaan "mengapa" yang telah kamu jawab di awal. Itulah mengapa penting untuk menjawab dua pertanyaan tersebut. Sebab jawaban yang terlalu lemah akan membuatmu harus lebih keras mencapai tujuanmu," katanya.

Baca juga: Alasan Orang yang Malas Olahraga dan Bagaimana Mengatasinya



Close Ads X