Kompas.com - 10/10/2018, 10:31 WIB
Ilustrasi media sosial SHUTTERSTOCKIlustrasi media sosial

KOMPAS.com - Kalimat yang diutarakan Aristoteles pada abad ke-4 SM atau ratusan tahun lalu, sepertinya cukup menggambarkan fenomena yang muncul pada era media sosial saat ini:

"Sakit rasanya, melihat keberuntungan baik yang dimiliki orang lain, mereka memiliki apa-apa yang seharusnya kita miliki."

Media sosial memang menciptakan dunia di mana orang-orang terlihat luar biasa bahagia dengan hidupnya. Mungkin potret itu jauh berbeda dari kehidupan nyata yang dijalani.

Orang-orang menampilkan sisi terbaik dari dirinya melalui cerita dan potret yang diunggah di media sosial milik mereka.

Mulai dari liburan seru ke berbagai tempat indah, desain rumah yang begitu artsy, menu makan yang sehat dan unik, bentuk badan yang aduhai, padu padan fesyen masa kini, pesta pernikahan mewah, tumbuh kembang anak yang menyenangkan, dan lain sebagainya.

Hal-hal "sempurna" itulah yang setiap hari kita lihat dari kehidupan orang lain melalui media sosial.

Baca juga: Mengapa Media Sosial Tak Bikin Bahagia?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dibombardir 'kehidupan Photoshop'

Ilustrasi media sosial membuat stresHighwaystarz-Photography Ilustrasi media sosial membuat stres
Sekarang, pernahkah Anda merasa hidup Anda jauh dari "kesempurnaan" yang orang lain miliki, dari kehidupan maya yang Anda saksikan setiap harinya melalui media sosial?

Disadur dari The Guardian, Profesor Psikologi dari University of Michigan, Ethan Kross, menyebut bahwa fenomena di era media sosial memang tidak begitu menyenangkan.

Hasil penelitian terhadap pengguna Facebook pasif yang ia dan timnya lakukan menemukan, semakin banyak seseorang melihat kehidupan orang lain di media sosial, semakin tidak nyaman perasaan hatinya.

"Kita dibombardir dengan 'kehidupan Photoshop' yang begitu indah, kehidupan yang belum pernah dirasakan manusia di peradaban sebelumnya," kata Kross.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.