4 Olahraga untuk Mereka yang Punya Napas Pendek

Kompas.com - 12/10/2018, 06:06 WIB
Ilustrasi olahraga pernafasan sjenner13Ilustrasi olahraga pernafasan
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Napas pendek biasanya merupakan keluhan yang dimiliki oleh orang yang punya masalah dengan paru-parunya. Contohnya asma, emfisema, bronkitis kronis, kelainan otot dada, dan sebagainya.

Beberapa orang yang mengalami hal ini biasanya menghindari aktivitas fisik atau olahraga agar tidak semakin sesak. Padahal orang yang bernapas pendek tidak berarti tak bisa olahraga. Ada beberapa jenis olahraga yang bisa dilakukan oleh orang dengan napas pendek.

Jika kamu memiliki napas pendek, sebelum memulai olahraga sebaiknya konsultasikan dahulu kondisi kesehatan ke dokter. Jika sudah mendapatkan lampu hijau untuk melakukan olahraga, jangan ragu lagi.

Prinsipnya, jangan paksakan diri jadi semakin terengah-engah. Jika napas semakin sesak, segera hentikan lalu duduk dan atur napas kembali.

Ini beberapa olahraga yang bisa kamu lakukan:

1. Yoga

Ilustrasi yoga Sukhasana fizkes Ilustrasi yoga Sukhasana
Yoga adalah latihan yang tidak memerlukan banyak kapasitas jantung dan pembuluh darah. Yoga dapat dengan mudah disesuaikan dengan gerakannya agar sesuai dengan kapasitas pernapasan masing-masing.

Peregangannya yang dinamis sangat bagus untuk bergerak tanpa menaikkan detak jantung. Gerakan seperti ini sangat aman untuk menghindari terjadinya napas yang semakin pendek.

Baca juga: 3 Manfaat Yoga Berdasarkan Penelitian

2. Jalan kaki

Ilustrasi jalan kakiPointImages Ilustrasi jalan kaki
Berjalan adalah aktivitas fisik paling sederhana yang bisa dilakukan kapan saja, di mana saja, dan oleh siapa saja. Baik itu lansia, dewasa, dan anak-anak. Berjalan kaki adalah olahraga yang baik untuk menyesuaikan dengan pola pernapasan.

Halaman:


Sumber
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X