Berlari Lebih Mampu Tingkatkan Mood Dibanding Meditasi - Kompas.com

Berlari Lebih Mampu Tingkatkan Mood Dibanding Meditasi

Kompas.com - 12/10/2018, 07:27 WIB
Z102TongRo Images Inc Z102

KOMPAS.com - Berlari ternyata bisa menjadi alternatif untuk mendapatkan suasana hati yang rileks di tengah sibuknya hari.

Selain menghilangkan stres, riset menemukan bahwa olahraga lari menghasilkan manfaat lebih bagi otak daripada meditasi atau yoga.

Menurut penelitian terbaru berlari sejauh 1,5 hingga 3 kilometer saja dapat meningkatkan fokus, konsentrasi, dan suasana hati secara keseluruhan daripada meditasi.

Berdasarkan laporan laman Runner's World, riset ini telah diterbitkan dalam jurnal Acta Psychologica.

Baca juga: Atasi Stres Hingga Kecanduan, Ini 9 Manfaat Lari bagi Kesehatan Mental

Riset dilakukan oleh peneliti dari Perancis dengan subjek penelitian 101 mahasiswa University of Reims Champagne-Ardenne.

Dalam riset tersebut, peneliti melakukan dua tes kognitif, yaitu tes Vigor-Activity (VA) subscale yang menilai tingkat energi yang dirasakan dan Trail Making Test (TMT), yang terbagi dalam dua bagian dan menilai keterampilan kerja.

Para siswa kemudian dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok pertama yang berlari selama 15 menit dengan jarak 2,5 kilometer.

Sementara itu, kelompok yang lain berada di kelas untuk melakukan sesi relaksasi selama 15 menit, yang menggabungkan latihan seperti arahan untuk berpikir posistif, relaksasi otot progresif, dan pernapasan dalam.

Setelah itu, para siswa mengambil dua tes kognitif yang sama lagi. Hasilnya, peserta yang berlari mencetak rata-rata dua poin lebih tinggi pada subskala VA dan rata-rata delapan detik lebih cepat pada tes TMT.

Namun, mereka yang menjalani relaksasi mencetak rata-rata enam poin lebih rendah pada subskala VA dan rata-rata 10 milidetik lebih lambat pada tes TMT bagian pertama.

Mereka yang menjalani relaksasi juga sepersepuluh detik lebih lambat pada bagian kedua tes TMT.

Baca juga: 6 Rutinitas Sederhana yang Tergolong Meditasi...

Jadi, mengapa berlari memiliki manfaat yang tinggi untuk kemampuan kognitif manusia daripada relaksasi?

Fabien Legrand, pemimpin riset, mengatakan perubahan kognisi yang ditimbulkan oleh lari  dapat meningkatkan energi dan memberi perasaan segar dan bersemangat.

Dengan kata lain, berlari membuat kita lebih segar dan terjaga, sehingga meningkatkan suasana hati dan membantu peserta fokus lebih baik pada tes yang ada.

Tapi, mereka yang bermeditasi dilaporkan merasa lebih lelah dan grogi, sehingga tak bisa melakukan yang terbaik saat tes.

Jadi, jika kita membutuhkan cara cepat untuk meningkatkan suasana hati, tidak peduli berapa lama waktu yang dimiliki, cobalah untuk berlari...



Close Ads X