Kompas.com - 12/10/2018, 08:35 WIB
Ilustrasi rambut diego_cervoIlustrasi rambut
|
Editor Wisnubrata

JAKARTA, KOMPAS.com - Rambut rontok menjadi salah satu masalah yang paling banyak dialami. Ada banyak faktor yang mempengaruhi rontoknya rambut. Seperti proses kimia, pola hidup tidak sehat, penyakit tertentu, dan lain sebagainya.

Namun, ada pula kebisaan keramas atau perawatan rambut yang semakin memperparah kerontokan rambut. Apa saja faktor tersebut?

1. Menggaruk bukan memijat kepala

Mungkin kita pernah merasa sakit kepala setelah keramas atau creambath di salon. Nah, jika hal itu terjadi mungkin saja salon yang kita datangi tidak memijat kepala kita secara benar ketika melakukan perawatan.

Alih-alih dipijat, kepala kita justru digaruk dengan kasar.

"Jangan digaruk-garuk, nanti rusak dan syaraf di kepala banyak banget. Makanya kadang ada yang abis keramas di salon pusing itu karena (menggaruknya) terlalu kencang."

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hal itu diungkapkan Managing Director PT Beautindo Prima (distributor label perawatan rambut Rene Furterer), Henny Wijaya ketika ditemui di Jakarta Convention Center (JCC), Kamis (11/10/2018).

Baca juga: Penyebab Tersering Rambut Rontok pada Pria

Ilustrasi rambut rontokAndreyPopov Ilustrasi rambut rontok
Ketika keramas atau memberi perawatan pada rambut, kepala seharusnya dipijat ringan sehingga aliran darah menjadi lancar. Sebab, darah lah yang "memberi makan" akar rambut untuk terus tumbuh dengan benar.

Ketika kepala tegang, pertumbuhan rambut berpotensi terhambat.

"Orang yang mengalami stres kepalanya terasa kencang, saat dipijat seperti enggak gerak. Itu biasanya sedang rontok berat makanya butuh massage," ujar Henny.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.